BAZNAS Buka Gerai Zakat Saham di Bursa Efek Indonesia

44
Banner Top Article

JAKARTA – Selama Ramadhan 1440 Hijriyah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membuka gerai zakat di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-43, Jakarta Selatan.

Gerai zakat BAZNAS ini bertujuan memberikan kemudahan bagi pelaku pasar modal untuk menunaikan kewajibannya.

Direktur Utama BAZNAS Arifin Purwakananta mengatakan, gerai zakat saham di BEI ini dibuka selama Ramadhan penuh untuk mempermudah masyarakat di area BEI menunaikan zakat dan sedekah.

“Selama Ramadhan masyarakat yang ingin berbuat baik dan beribadah meningkat, BAZNAS juga meningkatkan pelayanannya dan memberikan kemudahan dengan membuka gerai-gerai zakat di tempat keramaian, termasuk Gerai Zakat Saham di Bursa Efek Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, di awal Ramadhan ini, BAZNAS juga bekerja sama dengan PT Henan Putihrai Sekuritas (HP Sekuritas) menyelenggarakan Talkshow Ramadhan dengan tema ‘Bangkit Pasar Modal Syariah Melalui Zakat dan Donasi Saham’ di BEI, Jakarta Selatan. Senin, (6/5).

“Materi yang disampaikan kepada peserta dalam talkshow yang diselenggarakan oleh BAZNAS dan HP Sekuritas tersebut diantaranya tentang Perkembangan Pasar Modal Syariah, Optimisme Pasar Modal Syariah, Landasan Fiqih Zakat, Perhitungan Zakat dalam, Fitur Zakat Saham, dan Data Perkembangan Shadaqah dan Zakat Saham,” kata Arifin.

Talkshow ini dihadiri oleh pembicara Kepala Divisi Pasar Modal Syariah BEI Irwan Abdalloh, Direktur HP Sekuritas Mohammad Yunus, dan Wakil Kepala Bidang Publikasi dan Jaringan Pusat Kajian Strategis (Puskas) BAZNAS Muhammad Hasbi Zaenal.

Sejak November 2017, HP Sekuritas juga telah bekerja sama dengan BAZNAS dan mengembangkan program Shadaqah dan Zakat Saham (SAZADAH) memberikan kemudahan layanan berzakat dan sedekah bagi para muzaki atau donatur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai investor saham.

Direktur HP Sekuritas Mohammad Yunus mengatakan, dana zakat, dan sedekah yang terkumpul dari program SAZADAH ini disalurkan melalui BAZNAS kepada para penerima zakat melalui program-program pemberdayaan ekonomi.

“Produk Shadaqah dan Zakat Saham PT Henan Putihrai Sekuritas merupakan contoh kontribusi nyata dalam mewujudkan Socially Responsible Investing (SRI) di Pasar Modal Syariah Indonesia yang sedang digaungkan oleh BEI dan OJK saat ini,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here