Eksposisi – Lapangan kerja sektor privat AS meningkat pada laju tercepatnya dalam empat bulan di Agustus, laporan ADP pada Kamis (5/9), menunjukkan. Peningkatan ini berkat kenaikan pesat pada lapangan kerja sektor jasa.

Laporan ADP menunjukkan, lapangan kerja sektor privat AS bertambah sebesar 195.000 pada bulan lalu, angka ini jauh di atas estimasi dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh Reuters yang memperkirakan hanya meningkat sebesar 149.000 lapangan kerja, bahkan mencatat kenaikan terbesar sejak april silam.

Ekonom, dalam jajak pendapat Reuters, memperkirakan payroll sektor privat AS untuk bulan Agustus tumbuh 150.000, atau dengan kata lain hanya naik sedikit dari bulan sebelumnya 148.000.

Namun, laporan untuk bulan Juli mengalami revisi penurunan menjadi 142.000 lapangan kerja, dari 156.000 lapangan kerja dalam laporan sebelumnya.

Kenaikan terbesar terjadi pada sektor jasa. Di mana sektor tersebut mencatat peningkatan sebesar 184.000 lapangan kerja baru yang juga mencatat kenaikan terbesar sejak April lalu.

Kepala ekonom Moody’s Analytics dalam pernyataannya mengatakan bahwa bisnis masih terus tumbuh ditengah perlambatan ekonomi. Beliau juga mengatakan bahwa perekrutan telah moderat, namun PHK masih rendah.

Dalam pekan ini, pasar akan memusatkan perhatian mereka pada laporan payroll non pertanian AS yang memiliki cakupan lebih luas yakni sektor publik dan sektor privat. Payroll non pertanian AS diperkirakan akan berada di angka 158.000. Sementara, tingkat pengangguran diperkirakan akan bertahan di angka 3,7 persen.

Klaim Pengangguran Meningkat

Dalam laporan terpisah pada Kamis, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan, klaim tunjangan pengangguran mingguan meningkat 1.000 menjadi 217.000 untuk pekan hingga 31 Agustus, naik dari laporan pekan lalu 215.000 pengajuan dimana para ekonom dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan klaim tersebut tidak mengalami perubahan.

Sementara rata-rata klaim dalam empat pekan meningkat 1.500 menjadi 216.250 di pekan lalu. Rata-rata klaim dalam empat pekan pekan dianggap sebagai sebuah parameter yang lebih baik untuk mengukur tren bursa kerja karena sudah menghitung volatilitas klaim tiap pekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here