Jelang akhir pekan, bursa Asia diperdagangkan melemah seiring memanasnya konflik dagang AS dan China.

Sementara itu, bursa Korea juga anjlok setelah Kyodo News melaporkan pemerintah Jepang akan membuang Korea dari daftar mitra dagang favorit, efektif pada 2 Agustus nanti. Pangkal kusutnya hubungan antara Jepang dan Korea dipicu oleh putusan pengadilan Korea pada tahun lalu dimana perusahaan-perusahaan Jepang harus membayar kompensasi atas praktek kerja paksa yang diberlakukan pada Perang Dunia II.

Kospi, diperdagangkan melemah 0,7%, Nikkei melemah 0,5%. ASP/ASX 200 melemah 0,2%. Indeks Hang Seng melemah 0,5% dan Shanghai Composite diperdagangkan nyaris tak berubah. Saham otomotif seperti Honda Motor dan Nissan juga melemah setelah mengumumkan pemecatan 12.500 karyawan diseluruh dunia akibat keuntungan perkwartal anjlok.

LG Electronics, Kia Motors menguat diikuti saham sektor energi seperti Beach Energy dan Rio Tinto.

Dari pasar mata uang dolar diperdagangkan menguat terhadap yen pada level 108,66 sementara minyak mentah menguat menjadi $56,11 per barrel. Minyak Brent tergelincir dan diperdagangkan pada $63,23 per barrel.

Ada dua hal yang berpengaruh terhadap sentimen pasar di minggu depan, perundingan dagang AS-China dan keputusan suku bunga the Fed. Delegasi AS dan China di jadwalkan bertemu di Shanghai minggu depan dengan agenda mengakhiri perang tarif.

Kamis lalu kementrian perdagangan China mengatakan perusahaan-perusahaan China siap mengimpor lebih banyak produk-produk pertanian AS.

Hasil laporan pendapatan perusahaan yang rilis sepanjang minggu ini ternyata tidak sesuai harapan dan jauh dari ekspektasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here