American Airlines Tidak Mengetahui Fungsi Sistem Anti-Stall Boeing 737 MAX Hingga Minggu Lalu

134
American Airlines Sistem Anti-Stall Boeing 737 Max
Banner Top Article

American Airlines Group Inc mengatakan pada hari Rabu lalu bahwa pihaknya “tidak menyadari” beberapa fungsi sistem anti-stall di pesawat Boeing 737 MAX hingga minggu lalu.

Boeing dan Federal Aviation Administration (FAA) AS mengeluarkan panduan tentang sistem anti-stall tersebut minggu lalu setelah sebuah jet Lion Air JT610, milik maskapai penerbangan swasta Indonesia jatuh pada 29 Oktober, menewaskan semua 189 orang di dalamnya.

FAA memperingatkan maskapai penerbangan pekan lalu bahwa masukan yang salah dari sensor sistem dapat menyebabkan jet secara otomatis menukik hidungnya ke bawah bahkan ketika autopilot dimatikan, sehingga sulit bagi pilot untuk mengendalikannya.

Sistem anti-stall ini dirancang untuk mencegah jet dari stalling, menurut informasi yang diberikan oleh Boeing kepada maskapai penerbangan.

“Kami menghargai kemitraan kami dengan Boeing, tetapi tidak menyadari beberapa fungsi Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS) yang dipasang pada MAX 8,” kata juru bicara American Airlines.

“Kami harus memastikan bahwa pilot kami sepenuhnya terlatih dalam prosedur dan memahami sistem kunci pada pesawat terbang yang mereka terbangkan.”

Para penyelidik Indonesia mengatakan pada hari Senin bahwa situasi yang dihadapi awak pesawat Lion Air dalam kecelakaan itu tidak ada dalam manual penerbangan pesawat. FAA dan Boeing sedang mengevaluasi perlunya perubahan perangkat lunak atau desain pada pesawat jet tipe 737 MAX setelah kecelakaan yang melibatkan maskapai penerbangan Indonesia Lion Air.

Juru bicara American Airlines mengatakan bahwa maskapainya terus bekerja dengan Boeing dan FAA dan akan terus memberikan informasi terbaru kepada pilot.

Seorang juru bicara Boeing mengatakan pabrikan itu tidak dapat membahas secara spesifik investigasi yang sedang berlangsung tetapi itu telah memberikan dua pembaharuan bagi operator di seluruh dunia yang menekankan kembali prosedur yang ada untuk menangani situasi yang berkaitan dengan MCAS.

Kami yakin dengan keselamatan Boeing 737 MAX. Keselamatan tetap menjadi prioritas utama kami dan merupakan nilai inti bagi semua orang di Boeing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here