Agilang Sastra Wijaya & Tata SH MH Ketua APP Kab. Ciamis

Eksposisi.com – Zaman telah banyak berubah dengan perkembangan teknologi terkini yang sedemikian pesatnya. Untuk menyikapi perubahan zaman tersebut, Asosiasi Pembantu Penghulu (APP) Kab. Ciamis beserta seluruh Amil/ Ki Lebe/ Petugas Pembantu Pencatatan Nikah (P3N) melalukan Demo Kreatif untuk memohon perhatian Pemerintah.

Demo Kreatif tersebut dibuat oleh Agilang Sastra Wijaya, pencipta lagu, aktor dan sutradara, yang mewujudkan Demo Kreatifnya dalam bentuk trailer film yang berdurasi lima menit dengan pemainnya melibatkan para amil se-Kabupaten Ciamis.

“Demo kreatif ini kami lakukan karena adanya Instruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam ( Nomor DJ 2 / 1 Tahun 2015 ) yang menyatakan bahwa Amil / Ki Lebe / P3N dihilangkan, sedangkan Amil , Ki Lebe / P3N di desa masih dibutuhkan, “ kata  Tata SH MH Ketua APP Kab. Ciamis.

Tata membeberkan, Asosiasi Pembantu Penghulu (APP) kabupaten Ciamis berperan serta dengan kementrian agama untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berahlak mulia serta taat terhadap aturan agama maupun aturan negara.

“Namun demikian kami Asosiasi Pembantu Penghulu (APP) Kabupaten Ciamis, yang lahir sesuai dengan akta notaris No.10 tahun 2007, sangatlah penuh dengan keterbatasan baik kualitas sumber daya anggota maupun sarana prasarana yang sangat terbatas, serta legalitas formal pengakuan baik dari kementrian agama maupun kementrian dalam negeri tidak / kurang diperlakukan eksistensi nya, “ beber Tata.

Menurut Tata, sehubungan dengan hal tersebut di atas, secara defakto tugas Amil adalah membantu, mengantar, mendampingi, calon pengantin dari mulai kelengkapan persyaratan sampai dengan pelaksanaan akad pertikahan serta mengurus pemulasaraan jenazah dari mulai sakit sampai ke lubang kubur dan melaksanakan kegiatan sosial keagamaan lainya.

“Berkenaan dengan tugas Amil yang tidak mengenal waktu dan cuaca dalam melayani masyarakat, kami berharap adanya perhatian dari pemerintah baik materil maupun legalitas formal eksistensi keberadaan Amil, “ pungkas Tata tegas.

APP itu sendiri merupakan suatu wadah yang menampung aspirasi dan mempererat tali silaturahmi di antara sesama pembantu penghulu atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan sebutan Amil.

Visi APP adalah terciptanya masyarakat yang bersih dan berakhlak mulia dengan misi antara lain: berlomba-lomba dalam kebaikan, menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran, meningkatkan pelayanan dan pendidikan agama di masyarakat, juga berupaya meningkatkan kualitas para Pembantu Penghulu (Amil) dan menempatkan pada proporsinya serta memberikan perlindungan hukum dan kesejahteraannya.

Pada intinya, keberadaan wadah APP kab. Ciamis berfungsi sebagai wahana komunikasi antar Pembantu Penghulu dengan para pejabat pengambil keputusan, yang pada akhirnya dapat berfungsi sebagai penyalur aspirasi dalam memperjuangkan kesejahteraan maupun hak-hak mereka, juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta memperkokoh rasa persatuan se-nasib sepenanggungan para Pembantu Penghulu (amil) se-Kab.Ciamis.

Asosiasi Pembantu Penghulu Kab. Ciamis Lakukan Demo Kreatif Mohon Perhatian Pemerintah 1

Selengkapnya, berikut isi Muqodimah:

Assalamu’alaikum wr wb

Alhamdulillah hirobbil a’alamin seraya kita panjatkan puji dan syukur kehadirat ilahi ghopur, sholawat beserta salam senantiasa tercurah limpahkan kepada baginda alam nabi yang arif dan bijaksana habibana wanabiyana rosullulloh Muhammad SAW, tak lupa kepada keluarganya, para sahabatnya dan kepada pengikutnya termasuk kita semua yang selalu mengharapkan syafaat dari-Nya, Aamiin ya robbal a’lamin.

Teriring salam dan doa semoga kita semua dalam melaksanakan tugas sehari hari yang merupakan amanah dari Alloh SWT, senantiasa mendapatkan limpahan rahmat yang penuh barokah, dalam menunjang program pemerintah di bidang pembangunan mental maupun spritual, kami Asosiasi Pembantu Penghulu (APP) kabupaten Ciamis berperan serta dengan kementrian agama untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berahlak mulia serta taat terhadap aturan agama maupun aturan negara.

Namun demikian kami Asosiasi Pembantu Penghulu (APP) Kabupaten Ciamis, yang lahir sesuai dengan akta notaris No.10 tahun 2007, sangatlah penuh dengan keterbatasan baik kualitas sumber daya anggota maupun sarana prasarana yang sangat terbatas, serta legalitas formal pengakuan baik dari kementrian agama maupun kementrian dalam negeri tidak / kurang diperlakukan eksistensi nya.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, secara defakto tugas Amil adalah membantu, mengantar, mendampingi, calon pengantin dari mulai kelengkapan persyaratan sampai dengan pelaksanaan akad pertikahan serta mengurus pemulasaraan jenazah dari mulai sakit sampai ke lubang kubur dan melaksanakan kegiatan sosial keagamaan lainya.

Berkenaan dengan tugas Amil yang tidak yang tidak mengenal waktu dan cuaca dalam melayani masyarakat, kami berharap adanya perhatian dari pemerintah baik materil maupun legalitas formal eksistensi keberadaan Amil .

Demikian besar harapan kami, atas segala perhatian nya kami haturkan banyak terima kasih zazakumullaahu Khoiron kastiran semoga amal kebaikan bapak di terima oleh Alloh SWT, Aamiin ya robbal a’lamin

Asosiasi Pembantu Penghulu Kab. Ciamis Lakukan Demo Kreatif Mohon Perhatian Pemerintah 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here