Beli PS4 Pro atau Tunggu PS5?

767
Beli PS4 Pro
Banner Top Article

Konsol andalan Sony untuk generasi saat ini telah memasuki siklus akhir dimana tercatat Playstation 4 yang rilis pada 2013 silam telah menginjak usia 5 tahun. Tapi apakah versi pembaharuannya, PS4 Pro masih relevan? Beli PS4 Pro atau tunggu versi berikutnya? Simak ulasan berikut.

Meski banyak informasi beredar bahwa konsol generasi berikutnya baru akan rilis setidaknya pada 2020 atau sekitar 2-3 tahun berikutnya, namun Sony telah memulai proses percobaan untuk PS5 dan bahkan beberapa developer sudah mulai mengembangkan gamenya.

Seolah tak ingin berhenti, Sony terus memberikan support kepada PS4 dan malah mengeluarkan versi ganas yang disebut dengan PS4 Pro. Konsol yang digadang-gadang sebagai kompetitor ketat Xbox One X ini rilis pada 2016 lalu, sebuah pernyataan keras bahwa PS4 belum mati!

Beberapa pengamat menganggap bahwa PS4 Pro adalah counter attack dari Sony setelah mendengar kabar Microsoft akan meluncurkan XBOX One yang mampu memainkan game pada resolusi native 4K bahkan 2x lebih kuat dibanding XBOX One original.

Sebutlah PS4 Pro adalah konsol pemanasan dan test case untuk konsol masa depan yang sesungguhnya. Jika usia PS4 tinggal 2-3 tahun lagi maka apakah PS4 Pro masih relevan untuk dimiliki atau sebaiknya mulai menabung untuk membeli PS5 ketika diluncurkan nanti?

Jawabannya tentu relatif, tergantung kebutuhan dan apakah isi kocek anda memadai 😊

Jika mengacu kepada rencana rilis PS5 maka tidak ada salahnya untuk upgrade dari PS4 original. Karena game-game yang rilis saat ini dibuat untuk memaksimalkan kemampuan PS4 Pro. Walaupun anda masih bisa menikmati game-game terkini lewat PS4 original namun tentu saja ada beberapa kendala seperti waktu loading yang lama dan kemungkinan stutter.

Selain itu, jika anda berniat atau sudah memiliki televisi beresolusi 4K maka kemampuan PS4 Pro bisa dijalankan dengan maksimal.

Seandainya anda memilih opsi untuk melewatkan PS4 Pro sekalipun dan memilih menunggu rilisnya PS5 agaknya bukan keputusan yang salah juga. Karena seperti pernyataan diawal bahwa PS4 Pro adalah konsol uji coba untuk akhirnya disempurnakan di PS5.

Namun perlu dipertimbangkan juga bahwa ketika PS5 rilis nanti, maka harganya tidak akan murah dan mungkin bisa tembus 8 jutaan. Tentu kita masih ingat berapa harga perdana PS4 ketika pertama kali diluncurkan 5 tahun lalu. Seperti yang sudah-sudah, rentang harga yang dijual di Indonesia dengan harga resmi internasional bisa terpaut sampai 2 jutaan. Disamping itu, pada satu tahun pertama biasanya game-game yang rilis masih pada fase uji coba dan belum memaksimalkan kemampuan konsol, buktinya PS4 baru bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya ketika menginjak usia 5 tahun ketika game-game seperti Uncharted 4, Horizon Zero Down, Yakuza 6, Spiderman dll rilis.

Apapun keputusan anda, main game harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Jangan main game secara berlebihan sehingga lupa waktu dan jaga keseimbangan finansial anda agar hobi tidak menjadi bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here