30.8 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni 2019
header banner eksposisi
Beranda blog

Lepas 600 Juta Lembar Saham, ENVY Bisa Raup Rp 360 Miliar

Perusahaan penyedia jasa teknologi informasi, PT Envy Technologies Indonesia, Tbk, (ENVY) akan melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO).

Mereka akan melepas sebanyak-banyaknya 600 juta lembar saham biasa, termasuk pelaksanaan Employee Stock Allocation (ESA) sebanyak-banyaknya 18 juta saham biasa, dan seluruh saham biasa atas nama pemegang saham sebelum Penawaran Umum Perdana sebesar 1,2 saham biasa.

Dengan demikian, jumlah saham yang akan dicatatkan oleh Perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah sebesar 1,8 miliar saham biasa atas nama dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana.

Harga yang dijual di rentang Rp 350-475 / saham sehingga ENVY bisa meraih dana sekitar Rp240 miliar hingga Rp 360 miliar

Kritik Politik via Cerpen, Mahasiswa Unindra Luncurkan Antologi Cinta Sang Politikus

Jakarta – Setelah pilpres 2019, keributan politik pun tidak kunjung mereda. Kemarahan tidak berkesudahan, kebencian pun tidak pernah berakhir. Maka celoteh dan sindiran dianggap lumrah dan dijadikan kebebasan. Politik memang aneh. Makin banyak komentar dianggap paling benar.

Sementara diam dianggap tidak paham. Politik bikin orang lupa. Bahwa tidak semua yang kita omong itu baik buat orang lain. Begitu pula, apa yang baik menurut kita pun belum tentu baik buat orang lain. Akibat terlalu cinta, politik hanya omong kosong.

Maka kini, mahasiswa pun bersikap. Setelah mengikuti kuliah Menulis Kreatif, mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) meluncurkan antologi cerpen ”Cinta Sang Politikus” sebagai kritik terhadap politik di Kampus Unindra hari ini (17/6).

Melalui karya ini, mahasiswa menyampaikan pesan bahwa cinta itu perbuatan. Bukan kata-kata dan tulisan indah seperti politik omong kosong. Antologi cerpen ini sebagai kritik terhadap dunia politik yang mengumbar kebencian, berita bohong hingga nafsu berkuasa yang berlebihan. Berisi kisah fiksi yang reflektif dan motivatif dari 115 mahasiswa yang ikut menulis cerpen.

“Di tengah hingar-bingar politik pascapilpres 2019. Keganasan politik dan pilpres bisa jadi sebab hancurnya sebuah cinta. Karena terbalut dalam belenggu harapan yang berlebihan. Maka jangan ada nafsu yang bertebaran atas nama cinta” ujar Syarifudin Yunus, dosen pengampu Menulis Kreatif dalam keterangn persnya.

Cerita dalam antologi cerpen ini menekankan pentingnya pendidikan politik yang dilandasi dari hati, bukan nafsu atau obsesi. Inilah antologi cerpen yang menyadarkan kita tentang pentingnya rasa cinta dan ketulusan. Untuk menjauh dari nafsu yang menggerayangi politik. Karena hari ini, wajah politik telah memilih larut dalam kebodohan dan keegoisan diri.

Akibat “Cinta Sang Politikus”, hampir saja “kapal” yang terus berlayar itu kandas; tidak bisa beranjak karena terombang-ambing siasat politik atas nama cinta …

Antologi cerpen “Cinta Sang Politikus” merupakan karya fiksi yang dikemas dengan cara yang berbeda. Berbeda cara belajarnya, prosesnya, hingga karyanya sebagai hasil akhir dari pembelajaran menulis kreatif selama satu semester. Berbekal pengalaman dan perasaan selama kuliah, mahasiswa diwajibkan menuliskan ke dalam bentuk cerpen. Karena setiap kita pasti punya kisah yang pantas untuk diceritakan.

“Di tengah nafsu berkuasa di politik, saya mengajarkan cara agar mahasiswa bisa ekspresikan setiap fenomena politik ke dalam bentuk cerpen. Ada cara yang lebih halus dalam melampiaskan ekspresi politik, di samping agar mahasiswa berani dan terbiasa menulis. Karena politik sekaligus bisa jadi tempat ekspresi hati dan pikiran kita” tambah Syarifudin Yunus.

Melalui antologi cerpen ini, pembaca diingatkan. Bahwa cinta yang berlebihan terhadap politik menjadi sebab buta dan nestapa. Dan semua itu tergantung kepada manusianya. Untuk apa berpolitik dan mau apa setelah berkuasa?

”Cinta Sang Politikus”, menyiratkan akan pentingnya belajar sastra yang harus dimulai dan berakhir dari yang tertulis. Siapapun, harus mampu menorehkan ide kreatif-nya sendiri dengan caranya sendiri. Dan politik hanyalah omong kosong. Karena itu, berpolitik spiritnya harus ada kebaikan dan perdamaian. Tapi sebaliknya, bila politik dirasuki kemarahan dan kebencian itulah tanda pertama kali omong kosong dimulai.

Jasa Marga Sebut Hoax Premi Asuransi Struk Bukti Transaksi Tol

Jakarta – Jasa Marga merespon informasi hoax yang hari ini beredar di media sosial, mengenai struk bukti transaksi tol yang disebutkan dibebankan tambahan biaya premi asuransi.

Corporate Communication Department Head Irra Susiyanti menegaskan, biaya tol yang dibayarkan pengguna jalan tol hanya untuk membayar jasa jalan tol, tidak dibebankan tambahan biaya premi asuransi.

“Jadi tidak ada manfaat asuransi yang dapat diklaim oleh pengguna jalan tol, dengan menunjukkan struk bukti transaksi tol,” ujar Irra Susiyanti, Sabtu (8/6).

Dia menjelaskan, seluruh pengguna jalan tol berhak atas fasilitas yang diberikan oleh Jasa Marga, termasuk fasilitas derek gratis hingga pintu keluar terdekat, jika pengguna jalan tol mengalami masalah dengan kendaraannya. Fasilitas diberikan tanpa harus menunjukkan struk bukti transaksi tol.

Jika pengguna jalan memiliki kebutuhan untuk diantar sesuai preferensi pengguna jalan, operator jalan tol akan mengenakan tarif resmi yang info besarannya terdapat dalam setiap mobil derek yang kami operasikan, dan pembayaran yang dilakukan dilengkapi bukti pembayaran resmi (kuitansi).

Menurut Irra, kepentingan adanya bukti transaksi tol sebenarnya adalah sebagai bukti penelusuran informasi, jika terjadi hal-hal yang tidak diiinginkan saat di jalan tol, agar Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dapat menangani dengan baik dan cepat, tentunya diperlukan bukti ruas jalan tol yang dilewati beserta waktunya, yang dapat diketahui dari struk bukti transaksi tol.

“Untuk itu kami menyarankan pengguna jalan mengetahui dengan baik ruas jalan dimana mereka berkendara dan mencatat dengan baik nomor call center BUJT,” kata Irra.

TRIO MACAN luncurkan single terbaru “Jangan Nget Ngetan”

Jakarta – TRIO MACAN kembali menunjukan eksistensinya di Industri Musik tanah air. Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan single religi bertajuk “Anugerah” kali ini TRIO MACAN kembali mendobrak genre musik dangdut dengan mengeluarkan single berjudul “Jangan Nget Ngetan”.

Lagu ciptaan Gopy yang saat ini tengah hits dipanggungan Jawa Timur dan digital platform YouTube akhirnya dirilis oleh TRIO MACAN dalam balutan yang khas dengan aransemen yang apik dibuat oleh Bayu Onyonk.

TRIO MACAN yang fokus dalam berkarya mengusung genre dangdut koplo terus konsisten dalam menonjolkan suara gendang didalam setiap materinya.

TRIO MACAN yang masih digawangi oleh Lia, Chacha, dan Dara ini sukses menyanyikan lagu “Jangan Nget Ngetan” dalam memanjakan telinga pecinta musik dangdut tanah air.

Lagu “Jangan Nget-Ngetan” didominasi oleh bahasa jawa dalam liriknya. Namun jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia, “Jangan Nget-Ngetan” ini memiliki arti “Sayur yang kembali dipanaskan berkali-kali”.

“Jangan Nget-Ngetan” ini sendiri merupakan sebuah lagu untuk menghibur seseorang yang sedang patah hati. Dengan lirik sederhana yang menyemangati untuk menyembuhkan diri dan tidak lagi mengharapkan sang kekasih yang sudah meninggalkannya.

Isra Ruddin, Managing Director ProAktif Musik berharap lagu ini dapat diterima pecinta musik di tanah air. “Sangat besar harapan kami semoga lagu “Jangan Nget-Ngetan” persembahan khusus TRIO MACAN ini dapat diterima oleh para penikmat musik di Indonesia,” ucapnya.

Damien Dematra, Tokoh Peduli Anak & Tokoh Berhati Emas 2019

Foto: Istimewa

Lagi, Damien Dematra meraih penghargaan. Kali ini, pria peraih lebih dari 600 penghargaan internasional itu meraih penghargaan Tokoh Peduli Anak 2019 yang dianugerahkan kepadanya oleh Yayasan Peduli Anak Indonesia (YAPENA). Di samping penghargaan tersebut, Damien juga dianugerahi Penghargaan People With Golden Heart (Tokoh Berhati Emas) 2019. Pemberian penghargaan berlangsung meriah di Masjid Kubah Emas, Depok.

 

“Pemberian penghargaan ini sudah dirancang dari beberapa bulan lalu, “ kata Erna Santoso ketua YAPENA dalam sambutan dan komentarnya.

 

Erna membeberkan dirinya melihat kiprah Damien itu bukan hanya sebagai sutradara dan produser handal tapi juga kepeduliannya yang terlihat dari pembuktiannya membuat Visions of Peace Awards. “Dimana YAPENA ikut berpartisipasi, dari sana kami melihat bahwa Damien sejalan dengan visi YAPENA. Orang yang hatinya tidak murni tidak akan mau mengeluarkan energinya untuk bersosialisasi, memotivasi anak-anak untuk mengerti perdamaian dari usia dini,” ungkap Erna.

 

Adapun, Damien sendiri dikenal sebagai sutradara, penulis, fotografer, pelukis dan aktivis kemanusiaan. Ia juga merupakan salah satu pendiri dari Visions of Peace Awards. VOP sendiri merupakan ajang lomba kreatif yang ditujukan bagi generasi muda Indonesia, khususnya usia 5 sampai dengan 18 tahun.

 

Festival ini berfokus untuk menggemakan pesan perdamaian melalui cara kreatif, seperti film, lagu, tari, cerita, gambar, lukisan, fotografi dan bentuk kreatif lainnya.

 

“Saya merasa terhormat dengan penghargaan ini, walapun dalam berkarya untuk kemanusiaan, saya tidak pernah mengharapkan penghargaan dan akan terus berjuang untuk kemanusiaan dan perdamaian,” ucap pria peraih 15 rekor dunia ini yang juga pernah dianugerahi gelar Kanjeng Pangeran (KP) dari Kasunanan Surakarta.

 

Acara ini diawali dengan pemberiaan penghargaan kepada para anak yatim pemenang lomba Visions of Peace (VOP) Awards. Raja SAMU SAMU VI De Laatste Van Koning Stamboom, Maluku Upu Latu M.L. Benny Ahmad selaku Sekjen dari Silahturahmi Nasional Raja Sultan Nusantara (Silatnas) dan senior adviser VOP, dan YM Andi Tenrie Peppang dari Kedatuan Luwu menyerahkan langsung hadiah-hadiah kepada para pemenang

dari berbagai panti asuhan di Depok, Jakarta, Bandung dan Banten.

 

Acara ini diakhiri dengan buka puasa bersama dan pemberian santunan kepada 1000 anak yatim, dhuafa dan anak berkebutuhan khusus.

 

Damien Dematra, Tokoh Peduli Anak & Tokoh Berhati Emas 2019 1

Pengalaman Tak Terlupakan di The Ritz-Carlton Club

The Ritz-Carlton Club Bali, menawarkan kemewahan yang tak terlupakan. (Photo RCC Bali)
The Ritz-Carlton Club Bali, menawarkan kemewahan yang tak terlupakan. (Photo RCC Bali)

EKSPOSISI – Menawarkan kemewahan sepenuhnya bagi para tamu, The Ritz-Carlton Club di The Ritz-Carlton, Bali dirancang khusus untuk memuaskan seluruh indera anda melalui fasilitas unggulan, santapan special, dan pelayanan yang sangat istimewa. Club Lounge Manager, Norma Budiarti, dalam memimpin operasional sehari-hari berkomitmen untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para tamu yang datang dari berbagai penjuru dunia.

BMKG : Arus Mudik Ditengah Cuaca Panasa

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati ketika menyampaikan himbauan mengenai cuaca pada saat Mudik Lebaran 2019 kepada Media di Jakarta pada Rabu (29/05/2019).(Photo Pool BMKG)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati ketika menyampaikan himbauan mengenai cuaca pada saat Mudik Lebaran 2019 kepada Media di Jakarta pada Rabu (29/05/2019).(Photo Pool BMKG)

EKSPOSISI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan akan adanya cuaca panas yang mendominasi pada arus mudik lebaran. Titik panas akan terjadi pada wilayah Indonesia bagian selatan, dimana saat ini suhunya sudah mencapai 33 derajat celcius dan berpotensi menyebabkan kebakaran hutan. Sejumlah wilayah yang rawan kebakaran hutan diantaranya Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Syukuran Kantor Sekretariat Seksi Wartawan Film, Musik & Lifestyle PWI DKI Jakarta

Seksi Film, Musik dan Lifestyle PWI DKI Jakarta menggelar syukuran menempati sekretariat baru sekaligus buka puasa bersama di gedung Pusat Perfilmman H. Usmar Ismail, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2019).

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Sie Film Lifestyle Irish Riswoyo, yang mengatakan bahwa meskipun acaranya digelar dengan sederhana, namun memiliki makna yang luar biasa, karena yang terpenting adalah menjaga tali silaturahmi antar wartawan.

“Selain buka bersama, acara ini juga sekaligus sebagai syukuran ditempatinya sekretariat baru Seksi Film, Musik dan Lifestyle PWI DKI Jakarta. Meskipun dilaksanakan dengan sangat sederhana, namun maknanya sungguh luar biasa, karena kita bisa tetap menyambung silaturahmi antar wartawan anggota PWI Jaya, terutama yang meliput di dunia hiburan,” jelas Irish seperti dalam keterangan tertulisnya.

Ditambahkan Irish dirinya berterima kasih sekali Ketua PWI Jaya Sayid Iskandar, Ketua DKP Diapari Sibatangkayu, Penasehat Sakti Sawung Umbaran dan Sekretaris Kesit B Handoyo bisa hadir diacara ini. Sehingga bisa berdiskusi panjang lebar demi kejayaan PWI Jaya kedepan.

Dalam kesempatan ini Ketua PWI Jaya Sayid mengajak seluruh pengurus saling mendukung untuk memajukan PWI Jaya, termasuk didalamnya kejayaan seksi Film, Musik dan Lifestyle.

“Seksi Film, Musik dan Lifestyle PWI DKI Jaya menjadi titik awal kebangkitan PWI Jaya. Dulu segala aktifitasnya selalu diperhitungkan dan berbobot. Semoga melalui ketua yang baru ini nantinya bisa menjayakan lagi sie Film, Musik & Lifestyle,” ujar Sayid.

Sementara Ketua DKP PWI Jaya Diapari Sibatangkayu berharap agar kedepannya semakin banyak wartawan yang bergabung di PWI Jaya.

“Jujur kami mengakui masih ada wartawan yang kurang mengenal PWI secara umum. Jadi tugas kita bersama kedepan adalah lebih giat lagi mensosialisasikan PWI dan merekrut anggota-anggota baru. terutama anggota muda,” jelas Diapari.

Sekretaris PWI Jaya Kesit B handoyo juga turut memberikan penjelasan, menyoal kartu anggota dan UKW (Uji Kompetensi Wartawan).

“Kita perlu untuk selalu memperpanjang kartu keanggotaan PWI, sebab kalau sampai kartunya mati untuk memperpanjang lagi harus terlebih dahulu mengikuti Uji Kompetensi (UKW), dan itu bukan peraturan dari PWI Jaya, melainkan dari PWI Pusat. Selain itu bagi para wartawan yang ingin menjadi anggota PWI, sekarang sudah bisa mengakses formulirnya melalui websitenya PWI, disitu sudah dijelaskan juga persyaratannya, jadi nggak perlu susah susah harus datang ke sekretariat, cukup klik di www.pwijaya.or.id,” jelas Kesit.

Usai berbuka dan menjalankan sholat Maghrib berjamaah yang dipimpin oleh Ustadz Romy Syahril (Wartawan Harian terbit), acara dilanjutkan dengan open diskusi yang diikuti sekitar 30 wartawan hiburan. Dalam diskusi tersebut berbagai hal dibahas, termasuk didalamnya masalah web, Uji Kompetensi Wartawan, hingga pengaktifan kembali IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia).

Roy Jeconiah turut hadir diacara bukber

Ex Vokalis Boomerang Roy Jeconiah yang sekarang bergabung dengan Band RI-1 dan Jecovox turut hadir diantara teman teman wartawan diacara ini. Bahkan vokalis yang dikenal rendah hati dan santun itu turut menyumbangkan ide bagi kemajuan PWI Jaya.

“Karya jurnalistik itu bisa menjadi sebuah warisan. Contohnya ketika tahun 75 dulu Band Deep Purple main di Jakarta saya tidak nonton, karena saya masih kecil. Tapi saya bisa tahu bagaimana kehebatan Band tersebut main di GBK melalui tulisan-tulisan dari para wartawan yang kala itu meliput konsernya. Jadi tulisan para jurnalis ini bisa memberikan pengalaman yang luar biasa bagi generasi selanjutnya. Termasuk generasi milenial,” Jelas Roy.

Apa yang disampaikan Roy Jeconiah tersebut sungguh masuk diakal, sebab tanpa tulisan atau karya dari para wartawan, generasi sekarang tentu tidak tau akan peristiwa lampau, karya jurnalistik yang dikemas dengan sangat baik, akan menjadi pustaka ilmu dan pengalaman tersendiri bagi generasi selanjutnya.

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Transportasi Umum

Mudik Lebaran tidak harus menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan menggunakan angkutan umum pun bisa lebih nyaman, aman dan efisien.

Menurut Kemenhub, mudik Lebaran kali ini terdapat 22,83 juta pemudik yang akan menggunakan angkutan umum. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 4,41 persen daripada tahun sebelumnya, 2018.

Peningkatan paling tinggi pada penumpang bus umum, sebesar 3,88 persen yakni dari 4,51 juta penumpang pada 2018 menjadi 4,68 juta penumpang pada 2019.

Menurut ketua pengurus harian YLKI, Tulus Abadi, Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan konsumen sebelum mudik menggunakan transportasi umum, yakni;

1. Datang lebih awal di stasiun/terminal bus/pelabuhan/bandara untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, sehingga proses persiapan (check in dll) tidak terhambat. Pastikan tiket/ kode _booking_ dan kartu identitas yang masih berlaku tidak tertinggal.

2. Hindari membawa barang terlampau banyak, dan siapkan uang tunai secukupya. Estimasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan seperti makan, minum dan biaya-biaya kecil lainnya. Tetaplah waspada, selama musim mudik tingkat kejahatan di terminal, stasiun, pelabuhan maupun bandara relatif meningkat.

3. Membawa obat-obatan pribadi, terutama jika memiliki riwayat gangguan kesehatan yang bisa muncul tiba-tiba. Bawa obat-obatan penting seperti obat anti mabuk, obat sakit kepala, dan pegal-pegal untuk antisipasi. Vitamin juga diperlukan.

4. Catat nomor penting akses poin pengaduan. Manfaatkan nomor tersebut jika terjadi permasalahan dalam perjalanan selama mudik. Sampaikan pengaduan dengan bahasa yang baik, sopan dan kronologis yang jelas.

5. Upayakan menunggu jemputan keluarga atau transportasi umum di tempat yang ramai guna menghindari tindak kejahatan, terutama jika tiba ditujuan masih/sudah malam. Dengan begitu, memperkecil peluang terjadi tindak kejahatan.

Demikian. Selamat Mudik, Mudik Selamat.

Nota Kesepahaman BSSN – BPJS Kesehatan, Amankan Data Siber Peserta

Penandatangan kerjasama BSSN dengan BPJS Kesehatan di Jakarta, Selasa (28/05/2019) - (Lukman Hqeem)
Penandatangan kerjasama BSSN dengan BPJS Kesehatan di Jakarta, Selasa (28/05/2019) - (Lukman Hqeem)

EKSPOSISI – Menyadari kerentanan keamanan dan risiko serangan siber pada sektor kesehatan, khususnya pada sistem dan data rekam medis pengguna layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS), sebagai badan hukum publik yang menyelenggarakan Program Jaminan Sosial Kesehatan sepakat menjalin kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai lembaga pemerintah yang memiliki tugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber melalui penandatanganan nota kesepahaman tentang perlindungan informasi dan transaksi elektronik.

Sponsorship

Sidebar Banner Ads

Berita Terpopuler