Willawati (Foto: Herman Wijaya)

Aktif, kreatif dan berani bersaing. Demikian predikat yang melekat pada diri Willawati yang kini tampak begitu serius terjun bisnis kopi. Tak tanggung-tanggung, Bukanagara Coffee, kedai kafe yang didirikannya, tempatnya dekat dengan berbagai kedai kafe merek ternama.

 

Perempuan pebisnis yang juga dikenal produser film itu percaya keputusannya serius terjun ke bisnis kopi sudah menjadi jalan hidupnya. Karena baginya, Tuhan memberi yang terbaik. Untuk itu, ia mantap untuk menjalankan bisnis kopi itu yang tak hanya kopi semata, tapi juga berbagai merchandise dan panganan lainnya.

 

“Sekitar empat tahun lalu, saya ke LA karena suami saya suka pameran alat musik di sana, dimana kita selalu ngopi di sana, tapi kopinya kok nggak enak, tidak seperti kopi merek-mereka tertentu yang ternama, “ kata Willawati menuturkan awal ketertarikannya terjun bisnis kopi  kepada wartawan Akhmad Sekhu dari eksposisi.com, di Bukanagara Coffee, Graha CIMB Niaga, SCBD, Jl. Sudirman, Jakarta Pusat.Rabu (26/6/2019).

 

Willawati mengungkapkan dirinya kemudian diajak seorang teman untuk membuka bisnis kopi di Hollywood, Amerika. “Tepatnya, di depannya Dolby Theatre persis sebelahnya Hardrock itu ada space kecil, kita sewa disitu, “ ungkapnya.

 

Menurut Willawati, bisnis kopi pada waktu itu tak semudah seperti membalikkan telapak tangan. “Karena ada saat mau order kopinya susah banget pada waktu itu jadi kita batalin, “ bebernya.

Bisnis Kopi, Willawati Berani Bersaing Dengan Merek Ternama 1

Sekian lama melupakan bisnis kopi, Willawati diingatkan ibu-ibu kalau kebun kopi di Bukanagara kini sudah panen. “Dari situ, kenginan untuk kembali bisnis kopi bangkit dengan memperluas lahan kebun kopi dengan mengumpulkan para petani kopi untuk kerjasama karena menurut saya kopi Bukanagara rasanya paling enak,“ paparnya bangga.

 

Anggota Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu menerangkan dirinya dengan Ova, anaknya Gus Mus, mendesain tempat kedai kopi Bukanagara Coffee yang berada di Graha CIMB Niaga, Jakarta. “Kita sama beliau mendesain untuk membuat kedai kopi yang menurut saya paling bagus dengan mensurvey berbagai kedai di banyak negara, “ ucapnya.

 

Tempat kedainya dekat dengan berbagai kedai kafe merek ternama. “Justru itu tantangannya dan kita harus fair untuk berani head to head dengan mereka, kita percaya kualitas kopi terbaik, bahkan pasokan kopi dari kita, masalahnya kenapa kopi kita diambil orang, selama ini kopi kita tidak diolah secara industri jadi sudah saatnya kopi kita masuk ke industri dan berani bersaing, “ tegas Willawati.

 

Willawati menyampaikan dirinya mengembangkan bisnis kopi ini untuk lebih serius lagi. “Mesinnya tidak sembarangan yang didatangkan langsung dari Amerika, keramiknya dari Jenggala Bali yang terbaik, dan merchandise-nya juga sangat pilihan dan juga terbaik, “ pungkasnya.

Bisnis Kopi, Willawati Berani Bersaing Dengan Merek Ternama 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here