31.7 C
Jakarta
Minggu, 25 Agustus 2019
Beranda Ekonomi BOK pangkas suku bunga, BI menyusul

BOK pangkas suku bunga, BI menyusul

0
BOK pangkas suku bunga, BI menyusul

Bank Sentral Korea atau dikenal dengan Bank of Korea memutuskan memangkas suku bunga setelah ekspor negara gingseng tersebut anjlok dan mulai mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

BOK memangkas suku bunga menjadi 1,5% dari 1,75%. Tak lama pasca pemangkasan, won melemah terhadap dolar sampai 0,3%. Ini adalah pemangkasan suku bunga pertama oleh BOK sejak terakhir kali di 2016 lalu.

Keputusan ini diambil setelah otoritas keuangan tertinggi tersebut mendapat tekanan karena perekonomian terus mengalami perlambatan. Tak hanya Korea, bank-bank sentral di kawasan Asia juga mengeluarkan kebijakan yang sama.

Bank Sentral Australia dan India sudah lebih dulu memangkas suku bunga karena kondisi perekonomian global memburuk. Sementara itu Bank Indonesia belum mengumumkan kebijakan terbarunya namun mayoritas pelaku pasar memperkirakan BI akan memangkas suku bunga 25 basis poin pada hari ini setelah sepanjang tahun lalu memberlakukan kenaikan sebanyak enam kali.

Kebijakan pemangkasan suku bunga ini disinyalir bukan yang terakhir. Jika kondisi ekonomi terus memburuk maka akan ada beberapa pemangkasan lagi di tahun ini. Memburuknya perekonomian global dipengaruhi secara langsung oleh perang dagang antara Amerika dan China karena menganggu jaringan pasokan barang-barang teknologi yang merupakan bagian integral dari perekonomian Korea.

Sektor semikonduktor yang merupakan andalan Korea terkena dampaknya selama tujuh bulan berturut-turut dan memanasnya hubungan dagang antara Jepang dan Korea juga semakin memperumit situasi.

Gubernur BOK juga mengingatkan selain masalah perang dagang, tingkat hutang rumah tangga juga masih “sangat” tinggi. Oleh karena itu pemangkasan lanjutan cukup berpotensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here