Boss Huawei Dijamin, Pasar Lega

35
Huawei
Banner Top Article

EKSPOSISI – Pengadilan Kanada telah mengabulkan permintaan jaminan kepada CFO Huawei guna meredam amarah Cina. Sentimen risiko sementara stabil semalam tetapi tidak berarti pasar telah keluar dari hutan setelah sesi perdagangan yang terombang-ambing di Wall Street.

Pasar telah kewalahan oleh sentimen risk-off dalam sesi perdagangan baru-baru ini, pedagang berada dalam mode yang jauh lebih positif hari ini di belakang berita utama AS-China yang konstruktif. Sentimen pasar kemudian didukung oleh berita positif tentang tarif mobil.

Sejumlah saham mampu melakukan reli, dipimpin oleh saham teknologi dan mobil yang menarik keuntungan dari pembicaraan AS – China. Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, proposal untuk mengurangi tarif untuk mobil yang dibuat di AS akan tinggal 15% dari 40% saat ini. Usulan ini ┬átelah diajukan ke Kabinet China untuk ditinjau dalam beberapa hari mendatang.

Sementara dari AS dilaporkan bahwa ancaman penutupan layanan pemerintah AS dapat dihindari ketika pendanaan berakhir setelah 21 Desember. Ini merupakan cahaya yang positif. Berita ini muncul setelah semburan Presiden di depan media Gedung Putih. Jika permintaan Trump untuk pendanaan perbatasan tidak dipenuhi, dia mengancam bahwa “Saya akan menjadi orang yang akan mematikannya,” kata Trump.

Tanpa mengenal lelah, para pialang GBP harus bersiap dengan langkah politis Perdana Menteri Theresa May. Media Inggris melaporkan bahwa pejabat tinggi pemerintah yakin PM Theresa May akan menghadapi tantangan kepemimpinan internal dalam waktu dekat karena ke-48 surat telah dicapai untuk memicu pemungutan suara. Pound diperdagangkan di bawah 1,25 karena masalah Brexit ini membuat tampilan GBPUSD seperti berjalan di taman.

Sementara itu, pengadilan Kanada telah memberikan permintaan jaminan kepada CFO Huawei guna meredam kemarahan China. Namun, pasar telah mencatat bahwa penangkapan CEO Huawei belum menghentikan pembicaraan perdagangan AS-China. Terlalu dini untuk mengatakan bahwa kejadian ini dapat mengubah jalannya permainan dalam Perang Dagang AS – China.

Pertemuan kecil yang positif dalam meredam ketegangan AS-China sedang terjadi. Sementara berita utama menunjukkan bahwa beberapa janji G-20 masih bisa disampaikan, investor tidak boleh terlalu puas. China memang kemungkinan tidak akan menghalangi pemerintah AS untuk menuduh Beijing atas pencurian hak kekayaan intelektual dan mengkompromikan pemerintah yang sensitif dan komputer perusahaan.

The American Petroleum Institute (API) melaporkan penarikan persediaan minyak mentah substansial 10,18 juta barel untuk pekan yang berakhir 7 Desember, dan jauh melampaui ekspektasi analis yang seharusnya memberikan tawaran yang layak untuk WTI pada awal Pasar Asia

Harga minyak mentan sebagai patokan AS, minyak WTI naik lebih tinggi menuju $ 52,50, meskipun tampaknya tidak ada banyak antusiasme di balik dorongan yang lebih tinggi. Ada sentimen risiko yang stabil dan pemulihan di pasar ekuitas global pada harapan kemajuan perdagangan antara AS dan China. Juga, ada optimisme yang kembali bahwa pemotongan OPEC dapat menyeimbangkan pasar ketika para pedagang mulai mencerna bagaimana pemotongan pasokan OPEC akan dilaksanakan setelah Arab Saudi mengatakan berencana untuk memangkas produksinya menjadi sekitar 10,2 juta barel atau turun 900.000 per hari dari produksi bulan November.

Rusia sendiri menegaskan komitmen mereka setidaknya 50.000 barel per hari pengurangan. Sementara ladang minyak terbesar Libya tetap tertutup. Produksi Rusia hampir tidak terlihat mata, sesuatu yang lebih baik daripada tidak sama sekali. Sementara pasar sedang dalam proses membangun lantai jangka pendek, potensi kenaikan jangka panjang tidak terlihat menarik di lingkungan yang berisiko tinggi ini.

Dalam perdagangan logam mulia, penguatan Dolar AS pada perdagangan hari Selasa (11/12) terhadap mitra Uni Eropa serta dorongan sentimen untuk berita perdagangan USD-Cina yang lebih positif membuat harga emas turun ke 1241. Meskipun risk appetite yang terjadi rentan goyah, USD terus menunjukkan diri sebagai pendorong utama pergerakan pasar. Ada banyak risiko yang masih membebani pasar logam mulia dalam minggu ini. Harga emas akan dalam kisaran seputar harga $ 1240.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here