Bursa Asia melonjak berkat pernyataan Trump

56
Bursa Asia melonjak berkat pernyataan Trump
Banner Top Article

Saham-saham Asia diperdagangkan menguat setelah Presiden Trump menyebutkan kesepakatan besar dengan China terkait perdagangan. Pernyataan tersebut meredakan kecemasan pasar akan situasi perang dagang diantara kedua negara.

Indeks MSCI menguat 0,3% dan indeks Topix menguat 0,8%. Indeks Hang Seng turun 0,3%, Kospi menguat 0,4%, indeks Australia menguat 0,4%.

Meski belum jelas apa bentuk kesepakatan yang dimaksud, pasar menyambut baik kabar tersebut dimana dolar Australia yang berkorelasi langsung dengan China menguat. Selain itu, turunnya yen turut membantu penguatan saham-saham Jepang. Yen diperdagangkan pada posisi 112,65 per dolar.

Dari pasar mata uang, yuan terkoreksi tipis setelah sebelumnya sempat menyentuh level terendah terhadap dolar dalam 10 tahun terakhir. Euro diperdagangkan tak berubah pada $1,1384 per dolar setelah Kanselir Jerman Angela Merkel mengumumkan akan berhenti sebagai kepala partai setelah berkuasa selama 20 tahun. Pound diperdagangkan stabil setelah Menteri Keuangan Inggris mengumumkan anggaran negara. Yuan terkoreksi pada 6,6,9693 terhadap usd.

Tadi malam, aksi jual saham-saham AS semakin kencang setelah Bloomberg melaporkan AS tengah bersiap mengumumkan tarif untuk barang-barang impor China awal Desember seandainya perundingan antara Trump dan Xi Jinping pada bulan depan gagal meredakan perang dagang.

Dari pasar komoditas dilaporkan minyak cenderung membukukan pelemahan hari kedua karena tidak ada kesepakatan yang jelas dari produsen-produsen minyak dunia terkait pasokan minyak global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here