Eksposisi – Pada perdagangan Rabu ini, bursa Asia diperdagangkan positif menyusul optimisme pelaku pasar bahwa perundingan dagang antara AS dan China akan menemui jalan keluar.

Penguatan bursa regional dipimpin bursa China dan Hong Kong, dimana indeks Topix menguat 1,2%, indeks S&P/ASX menguat 1%. Indeks Kospi melonjak 1,7%, Hang Seng naik 2,4%dan Shanghai Composite Index menguat 1,6%.

Sementara itu dari pasar uang dilaporkan, yen tergelincir terhadap dolar pada level 108,87. Yuan menguat menjadi 6,8388 per dolar. Euro menguat tipis pada $1,1457 dan poundsterling menguat menjadi 1,2740 terhadap dolar.

Terkait dengan isu perang dagang, muncul spekulasi Presiden Donald Trump mengingankan adalah kesepakatan dalam perundingan ini dan sentimen seperti ini tentu saja berhasil mendongkrak moral pasar keuangan.

Meski begitu ada pengamat yang menyatakan bahwa kesepakatan mungkin saja tercapai tapi membutuhkan waktu.

Dari pasar komoditas, dilaporkan minyak bertahan diatas level $50, dimana minyak west Texas diperdagangkan menguat pada level $50,48 per barrel. Emas diperdagangkan stabil di $1.284,24 per ounce.

Beberapa agenda yang perlu diwaspadai 1 minggu ke depan adalah kunjungan Presiden Korut Kim Jong Un ke China, notulen rapat the Fed pada 18-19 Desember dan debat anggota parlemen Inggris terkait UU Brexit dimana kabar terakhir menyebutkan PM Theresa May akan kalah pada voting 14 Januari mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here