Bursa Asia Pertahankan Tren Negatif

132
Bursa Asia Pertahankan Tren Negatif
Banner Top Article

Bursa Asia melanjutkan tren negatif pada kamis ini menyusul kecemasan pasar terhadap krisis di negara-negara emerging dan memanasnya konflik dagang antara AS dan China.

Indeks acuan MSCI diluar Jepang, turun 0,26% sementara Nikkei melemah 0,58% dan bursa Australia tergelincir 0,95%.

Pengumuman keputusan pengenaan biaya tambahan atas barang-barang China akan diumumkan hari ini oleh Presiden Trump dan jika jadi diberlakukan maka emerging market khususnya akan semakin terpukul dan ada koreksi besar-besaran di pasar valas.

Dolar AS yang dianggap sebagai “safe haven” dikala krisis, paling diuntungkan dan sudah menguat sampai 8 persen sejak akhir Maret lalu, disisi lain korbannya adalah mata uang negara-negara emerging.

Tadi malam, dari bursa AS dilaporkan S&P 500 ditutup melemah 0,3%, Nasdaq Compisite melemah 1,2% dan Dow naik tipis 0,1%.

Selain isu tarif, pasar juga menunggu perkembangan dialog antara AS dan Kanada dengan agenda rekonstruksi ulang perjanjian NAFTA. Sejauh ini perundingan sedikit tersendat karena ada beberapa penolakan dari Kanada.

Krisis keuangan yang menghantam Turki dan Argentina juga mulai menjangkiti beberapa negara di Asia Tenggara contohnya Indonesia, demi menekan laju pelemahan mata uang rupiah, Bank Sentral Indonesia melakukan intervensi berkali-kali namun belum menunjukkan hasil yang berarti.

Beberapa analis memperkirakan, potensi pelemahan bursa Asia lebih lanjut masih terbuka lebar.

Pemerintah Argentina akhirnya berpaling kepada IMF untuk mempercepat pencairan dana pinjaman “darurat” yang sudah disepakati Juni lalu. Sekaligus memperburuk prospek kemampuan bayar hutang negara Lionel Messi ini.

Dari pasar valas, poundsterling bergerak cantik karena investor optimis terhadap rencana Brexit. Aussie menguat tipis pada $0,7206 berkat laporan pertumbuhan ekonomi yang positif.

Sementara itu, minyak mentah AS turun menjadi $68,51 per barrel dan Brent turun menjadi $77,03. Emas spot naik menjadi $1.199,63 per ounce.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here