Eksposisi – Dalam pernyataan resmi, Kementerian Perdagangan China menyatakan bahwa China dan Amerika Serikat akan menggelar perundingan perdagangan tingkat tinggi diawal Oktober di Washington.

Pernyataan yang dimuat di laman situs Kementrian Perdagangan China tersebut merupakan tindak lanjut dari diskusi melalui panggilan telefon antara wakil Perdana Menteri China Liu He, Gubernur Bank Sentral China Yi Gang dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Kedua belah pihak akan mengadakan pertemuan pendahuluan di pertengahan September dan sepakat untuk menciptakan kondisi-kondisi yang menguntungkan.

Pihak jubir Kamar Dagang Amerika juga mengkonfirmasi adanya pembicaraan tersebut dan menyatakan perundingan tingkat kementrian akan diadakan dalam beberapa minggu ke depan.

Pada hari Selasa kemarin, Presiden Donald Trump mengingatkan akan bertindak keras terhadap Beijing jika perundingan terus mandeg. Ancaman tersebut membuat pasar cemas karena perselisihan antara keduanya dapat memicu resesi di Amerika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here