China Dorong Sektor Ekonomi Digital Ciptakan Lapangan Kerja

76
Sektor Ekonomi Digital Untuk Lapangan Kerja - Eksposisi
Banner Top Article

Komisi perencana negara China pada hari Rabu (26/9/18) menyerukan untuk pengembangan lebih lanjut sektor ekonomi digital hingga 3,8 triliun negara. Sektor seperti data besar dan kecerdasan buatan (AI) akan menjadi pendorong penciptaan lapangan kerja.

Perekonomian China berada di tengah-tengah restrukturisasi jangka panjang. Dimana telah terjadi penurunan pada sektor industri low-end dan munculnya pabrik-pabrik bernilai lebih tinggi yang membuat robot dan drone.

“China akan mempromosikan transformasi dari sektor tradisional ke sektor ekonomi digital. Sehingga diharapkan dapat mendorong lebih banyak pekerja untuk beralih pekerjaan dan meningkatkan kualitas pekerjaan,” kata Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC).

Dalam beberapa bulan terakhir, departemen dan lembaga pemerintah China seperti yang dikatakan komisi perencana negara, menegaskan komitmen mereka terhadap pembangunan jangka panjang China. Ini dipandang Beijing sebagai cara untuk mengurangi ketergantungan pada perdagangan dan penggerak eksternal lainnya.

Perang perdagangan (trade war)yang semakin intensif dengan Amerika Serikat, sebagai mitra dagang terbesar China, telah mengaburkan outlook pertumbuhan jangka menengah China dan menimbulkan ketidakpastian bagi jutaan pekerjaan China.

Media pemerintah China menuduh Washington menggunakan perdagangan untuk menekan pembangunan China.

China akan membuat terobosan lebih lanjut ke berbagai bidang seperti internet, data besar, komputasi awan dan AI, dan menciptakan lebih banyak pekerjaan high-end. Negara ini juga akan aktif menarik bakat asing untuk mempromosikan inovasi ekonomi digitalnya, kata NDRC.

Perekonomian digital China naik 18 persen menjadi 26 triliun yuan ($ 3,8 triliun) tahun lalu, setara dengan sepertiga dari produk domestik bruto (PDB) negara itu, menurut Akademi Teknologi Informasi dan Komunikasi China.

Ratusan juta orang China menggunakan aplikasi seluler untuk jejaring sosial, hiburan, permainan, dan belanja. Urban China juga sebagian besar tidak memiliki uang tunai, biasanya dengan pembayaran mobile melalui Tencent Holdings Ltd WeChat dan Alibaba Group Holding Ltd’s Alipay.

NDRC juga mengatakan akan meningkatkan dukungan pembiayaan untuk membantu menumbuhkan industri baru termasuk mengambil dana melalui pasar modal.

Awal bulan ini, mereka menandatangani perjanjian dengan China Development Bank (CDB), pemberi pinjaman kebijakan utama, untuk menawarkan 100 miliar yuan ($ 14,55 miliar) dalam dukungan keuangan untuk mendorong sektor ekonomi digital.

Ekonomi digital juga diharapkan dapat membantu meningkatkan pertanian, sebagai bagian dari ambisi China untuk menghidupkan kembali daerah pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here