Coca Cola Rambah Bisnis Kopi

103
Coca Cola Rambah Bisnis Kopi
Banner Top Article

Coca Cola agaknya ingin mencoba peruntungan baru dibisnis kopi setelah menyetujui akuisi penguasa jaringan kedai kopi di Inggris, Costa senilai $5,1 miliar.

Costa Coffee Ltd. yang merupakan salah satu anak usaha Whitbread, mengoperasikan lebih dari 3.800 kedai di 32 negara. Setelah kabar penjualan tersebut, saham Whitbread melonjak tajam.

Salah satu alasan akuisisi ini akibat penjualan minuman kola terus menurun setiap tahunnya sejak 2012. Diharapkan usaha dari kopi dapat menutupi penurunan permintaan akan minuman ringan yang sejak awal menjadi inti usaha perusahaan.

Selain itu segmen minuman panas adalah satu dari beberapa cakupan usaha yang belum dimasuki Coca Cola.

Namun ada beberapa pihak yang pesimis, bahwa ini bukan langkah yang tepat bagi Coca Cola karena pasar yang ingin dimasuki sudah sesak oleh pemain-pemain lama yang sudah memiliki merk kuat, contohnya Starbucks.

Sebelum dibeli Coca Cola, kondisi Costa pun tidak bisa dibilang baik karena penjualannya di Inggris turun 2 persen dikwartal pertama karena pasar ritel melemah. Konsumen Inggris lebih memilih mengurangi belanja akibat inflasi dan kecemasan Brexit akan memukul perekonomian nasional.

Namun perlu diingat bahwa Costa masih menguasai Inggris dibanding Starbucks dan meluaskan usahanya sampai ke China.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here