Data Pengangguran Tegaskan Kekuatan Pasar Tenaga Kerja AS

98
Banner Top Article

Jumlah pengajuan tunjangan pengangguran yang diajukan oleh warga Amerika di pekan lalu mengalami penurunan. Meskipun ketegangan antara AS dan rekan dagangnya imbas dari pengenaan tarif terus meninggi, namun pasar tenaga kerja menunjukkan kekuatannya.

Klaim tunjangan pengangguran yang diajukan di setiap negara bagian AS turun sebanyak 2,000 pengajuan menjadi 210,000 pengajuan untuk pekan hingga 18 Agustus, data mingguan Departemen Tenaga Kerja yang dirilis Kamis menunjukkan. Angka ini bertolak belakang dengan estimasi ekonom dalam pooling yang dilakukan Reuters yang justru memperkirakan klaim akan meningkat menjadi 215,000 di pekan lalu.

Ini merupakan penurunann untuk ketiga pekan berturut-turut, yang mencatat penurunan begitu rendah sehingga banyak ekonom berburu penjelasan. Pada Juli lalu, klaim tunjangan berada di level terendahnya sejak 1969 meskipun angkatan kerja jauh lebih besar daripada beberapa dekade sebelumnya.

Pasca dirilisnya laporan klaim pengangguran, Treasury jangka panjang AS mencatat kenaikan ringan sementara pasar saham AS diperdagangkan beragam. Dan dolar AS semakin kokoh terhadap mata uang mayoritas.

Kuatnya pasar lapangan kerja AS telah menjadi alasan penting dibalik langkah yang terus diterapkan the fed untuk menaikkan suku bunga, sekalipun dalam laporan terpisah dari departemen perdagangan menunjukkan menurunnya angka penjualan rumah baru AS. Sehingga mengesankan pasar properti AS lesu.

Risalah pertemuan the fed yang dirilis Rabu menunjukkan para pejabat fed terus membahas kenaikan suku bunga secepatnya guna melawan kekuatan ekonomi yang berlebihan, sekalipun para pembuat kebijakan juga memantau sejauh mana perselisihan perdagangan global dapat mempengaruhi bisnis dan ruah tangga.

Sepanjang tahun ini the Fed telah menaikkan suku bunganya sebanyak dua kali dan terus diperkirakan akan kembali menaikkan suku bunga pada September.

Departemen tenaga kerja mengatakan data untuk negara bagian Maine diperkirakan akan drililis dalam minggu terakhir.

Rata klaim tunjangan pengangguran awal dalam empat pekan, yang dianggap sebagai parameter tren bursa kerja yang lebih baik, mencatat penurunan 1.750 pengajuan di pekan lalu menjadi 213.750.

Dalam laporan itu juga menunjukkan, klaim tunjangan lanjutan setelah pengajuan pertama di pekan sebelumnya juga berkurang, turun 2.000 pengajuan menjadi 1,73 juta pengajuan untuk pekan hingga 11 Agustus. Sementara klaim lanjutan rata-rata empat pekan turun 5.000 pengajuan menjadi 1,74 juta pengajuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here