Data Persediaan Minyak Dan Sanksi Iran Dorong Minyak Mentah

131
Banner Top Article

Minyak mentah sentuh angka tertinggi dua pekan di atas level $74 per barel di sesi perdangan Rabu setelah data industri menunjukkan penurunan tajam persediaan minyak mentah AS dan sanksi AS terhadap Iran mengarah ke pengetatan persediaan.

American Petroleum Institute (API) melaporkan persediaan minyak mentah AS berkurang di pekan lalu sebanyak 5,2 juta barel, tiga kali lipat dari perkiraan analis. Sementara data resmi pemerintah AS akan segera dirilis pada pukul 14.30 GMT.

Minyak Brent, yang menjadi acuan internasional, naik $1,38 menjadi $74.01 per barel dan mencapai $74,19, level tertinggi sejak 8 Agustus. Sementara itu, minyak mentah AS naik $1,28 menjadi $67.12.

Kenaikan harga minyak ini juga tak lepas dari melemahnya dolar AS, yang sepanjang pekan ini tergelincir aras tanggapan Presiden AS Donald Trump bahwa dia tidak puas dengan kenaikan suku bunga yang dilakukan oleh Federal Reserve. Dengan dmeikian, dengan melemahnya dolar AS membuat harga minyak mentah menjadi lebih murah bagi pembeli dengan mata uang selain dolar AS.

Proyeksi berkurangnya ekspor minyak Iran, menanggapai atas sanksi baru AS terhadap negara penghasil minyak terbesar organisasi negara pengekspor minyak (OPEC) juga berperan dalam menopang harga minyak mentah.

Perusahaan minyak eropa mulai mengurangi pembelian dari Iran, meksipun Cina tengah mengalihkan pembeliannya kepada kapal minyak yang dimiliki Iran untuk menjaga arus persediaan dalam negerinya.

Meningkatkan ketegangan, Iran memperingatkan akan menghantam AS dan Israel dengan menjadikannya sebagai targets jika mereka diserang oleh AS menyusul penasihat Trump mengatakan Washington would mengupayakan tekana maksimum atas Tehran melampaui sanksi ekonomi.

OPEC mulai meningkatkan persediaan menyusul kesepakatan dengan Rusia dan aliansi lainnya pada Juni, meskipun produsen sejauh ini telah dan terus berhati-hati. Saudi Arabia mengatakan OPEC telah memangkas persediaan di Juli, dari pada meningkatkan produksi seperti yang diperkirakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here