Langka, DEWA19 Akan Tampil Dengan Ari Lasso dan Once Sekaligus.

303
Dewa19 dengan vokalis Ari Lasso dan Once Mekel akan tampil di Synchronize Fest 2018. pada 7 Oktober 2018 (Lukman Hqeem)
Dewa19 dengan vokalis Ari Lasso dan Once Mekel akan tampil di Synchronize Fest 2018. pada 7 Oktober 2018 (Lukman Hqeem / foto : Ariane Suci)
Banner Top Article

Synchronize Fest 2018 akan sajikan pertunjukan langka dan istimewa, superband DEWA19 akan tampil dengan dua vokalisnya sekaligus, Ari Lasso dan Once Mekel pada Minggu, 7 Oktober nanti. Selain DEWA19, akan tampil pula 118 musisi lokal dalam 6 panggung selama festival 3 hari, 3 malam itu.

Berlokasi di Gambir Expo, Kemayoran Jakarta Pusat, Synchronize Fest 2018 akan digelar sejak Jumat (05/10). Festival musik populer multi-genre ini kian menarik perhatian. Sebabnya akan tampil DEWA19 bersama Ari Lasso dan Once Mekel, menemani Ahmad Dhani, Yuke Sampurna dan Agung Yudha Asmara. Jarang terjadi memang sebelumnya, kedua vokalis Dewa19 ini bersatu di atas panggung untuk menyanyikan repertoar hits band asal Surabaya ini.

“Ini momen yang langka, sudah lama sekali Dewa19 ingin melakukan reuni dengan dua vokalisnya. Momen yang monumental buat saya, dan tentunya bagi para Baladewa semua,” ujar Ari Lasso, vokalis Dewa19 periode 1991-1999. Once Mekel, vokalis Dewa19 periode 1999-2010 menambahkan, “Pastinya ini momen yang sangat ditunggu pecinta lagu-lagu Dewa19. Saya terhitung hampir tidak pernah tampil bersama Dewa di acara besar sejak 2010. Semoga lancar dan berkesan untuk semua nanti”.

Pada tahun ketiganya, festival ini bertekad untuk merayakan keberagaman musik Indonesia dan sekaligus menjadi corong amplifikasi pergerakan musik lokal yang berdaulat di negerinya sendiri. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini ada enam panggung (Dynamic Stage, Forest Stage, Lake Stage, District Stage, Gigs Stage dan XYZ Stage) yang telah disiapkan untuk menampilkan ratusan pertunjukan yang terkurasi dengan baik di Synchronize Fest 2018. XYZ Stage merupakan panggung yang baru hadir pada tahun ini dan condong menampilkan genre musik yang lebih mirip sebuah pesta perayaan atau selebrasi.

Menurut Muhammad Riza, Technical Festival Director Synchronize Fest, “ Masing-masing panggung akan menawarkan pengalaman yang unik dan berbeda. Setiap stage akan menciptakan ambience yang berbeda. Sementara itu berbagai fasilitas seperti stage for disabled audience  akan tetap ada untuk memudahkan akses kaum difabel agar tetap dapat menikmati festival ini.”

Selain penampilan reuni Dewa19 feat. Ari Lasso & Once Mekel, masih ada penampilan musisi lain yang bakal menjadi magnet di Synchronize Festival 2018. Di antaranya Padi Reborn, Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (OM PSP), hingga Rhoma Irama dan Soneta Group.

Pada hari pertama (Jumat, 5/10) pantang dilewatkan aksi dari Daramuda Project, sebuah kolaborasi musik terbaru dari Danilla Riyadi, Rara Sekar dan Sandrayati Fay. Ada juga SRXBS, yaitu kolaborasi antara Stars and Rabbit dengan Bottlesmoker, Fiersa Besari yang merupakan penyanyi, pencipta lagu, penulis puisi asal Bandung yang sedang digandrungi, Dipha Barus, hingga penampilan Payung Teduh yang kembali merilis album baru pasca ditinggal vokalis utama mereka.

Hari kedua (Sabtu, 6/10) ada penampilan istimewa dari Sheila on 7, Project Pop, The Panasdalam Bank, Seringai, Jason Ranti, NDX AKA yakni grup hip-hop-dut fenomenal asal Desa Imogiri, hingga Sisitipsi yang merupakan sekstet pop-swing yang tengah mengilap namanya di kancah musik lokal.

Hari terakhir (Minggu, 7/10) selain penampilan Dewa 19 feat. Ari Lasso & Once Mekel serta Padi Reborn, masih ada pula Nasida Ria yaitu kelompok qasidah legendaris asal Semarang. Kemudian penampilan dari Endah N Rhesa Extended, sebuah kolaborasi musik antara Endah N Rhesa, Classmate Journal dan Beda. Sedangkan dari era 80an Candra Darusman & Friends akan menyuguhkan lagu-lagu dari album tribut Detik Waktu. Dan juga Manumata grup hip-hop cilik berbakat asal Maluku, hingga penampilan dari Javabass Sound System, pionir kolektif musik drum dan bass lokal.

Selain dipadati ratusan pertunjukan musik, acara ini juga akan dimeriahkan dengan beberapa wahana atraksi hasil kolaborasi dengan beberapa komunitas seni. Komunitas film “Kinosaurus” akan melakukan penayangan beragam film, mulai dari jenis film dokumenter, film feature legendaris hingga film-film esensial masa kini. Sementara komunitas seni rupa “RuangRupa” akan memamerkan karya-karya seni mereka dan bakal ada pula atraksi live painting mural dari berbagai seniman di Synchronize Fest 2018.

Selaku penyelenggara festival, Dyandra Promosindo dan demajors, secara khusus bekerjasama dengan kolektif musik terkemuka, Studiorama, melakukan kurasi terhadap 21 nama-nama artis lokal yang bakal tampil di Gigs Stage pada Synchronize Fest 2018. Mereka adalah Adhitia Sofyan, Strange Fruit, Negative Lovers, Texpack, Gho$$, Sunmantra, Damascus, Manjakani, Peonies, Murphy Radio, The Cat Police, Grrrl Gang, Pelteras, Logic Lost, Something Wrong, Tarrkam, Anti Squad, It’s Different Class, Southern Beach Terror, Seek Six Sick hingga The Sastro.

“Synchronize Fest 2018 diharapkan menjadi Kawah Candradimuka bagi musik Indonesia dan menjadi ruang interaksi bagi semua pelaku dan penikmat musik Indonesia,” tegas David Karto selaku penggagas sekaligus Festival Director Synchronize Fest.

Sementara Badan Ekonomi Kreatif, menyambut baik penyelenggaraan festival music ini. “BEKRAF bangga dapat mendukung musik dalam negeri pada Synchronize Fest yang dapat merangkul semua pemangku kepentingan, mulai dari pelaku kreatif musik, galeri, kolektor, penggemar musik, dan berfungsi sebagai platform dalam pengembangan pasar musik dangdut Indonesia,” jelas Ricky Pesik selaku Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here