Dolar AS Kembali Tergerus Risk Appetite

112
Banner Top Article

Kesepakatan dagang antara AS – Meksiko untuk merombak Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, NAFTA, yang memicu risk appetite, dorong dolar AS ke level terendah empat pekan.

Kesepakatan tersebut menekan Kanada yang terpaksa menyetujui ketentuan baru perdagangan otomatis dan aturan penyelesaian sengketa jika masih ingin berada di pakta perjanjian tiga negara tersebut.

Pencapaian kesepakatan tersebut mendorong pasar untuk terus melepas aset lindung pada greenback dan otomatis mendongkrak risk appetite di kalangan pasar.

Dalam tiga pekan belakangan ini, mata uang AS tersebut telah mencatat penurunan, bahkan turun sebesar hampir 2 persen.

Di sesi tengah perdagangan, dolar AS turun sebesar 0,2 persen terhadap sejumlah mata uang mayoritas di level 94,637. Bahkan, sebelumnya greenback sempai sentuh level terendhanya dalam empat pekan. Dolar AS juga mencatat penurunan terhadap dolar Kanada, turun sebesar 0,2 persen diperdagangkan pada level C$1,2928.

Pada akhir pekan dan di perdagangan sesi Senin, dolar AS dihantam oleh komentar ketua Federal Reserve Chairman Jerome Powell pada pertemuan di Jackson Hole, Wyoming yang justru menyiratkan pelambatan kenaikan suku bunga AS.

Powell juga mengatakan, the Fed akan terus menaikkan suku bunga seraya memberi catatan bahwa the Fed masih belum melihat dengan jelas sinyalemen kenaikan inflasi di atas persen seperti yang ditargetkan the fed.

Sebelumnya Presiden AS Donald Trump, dalam wawancara dengan Reuters pekan lalu menyatakan ketidakpuasan terhadap Federal Reserve di bawah Powell, orang yang ditunjuk langsung oleh Trump, yang memutuskan untuk menaikkan suku bunga.

Greenback sempat menguat dan memangkas penurunannya pasca dirilisnya data indeks kepercayaan konsumen AS yang lebih baik perkiraan.

Sementara itu, euro naik 0,2 persen ke level $1,1708, meski kekhawatiran defisiti umum Itali meskipun kekhawatiran defisit publik Italia bisa melebihi plafon Uni Eropa sebesar 3 persen dari produk domestik bruto, kata pejabat senior.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here