Home / Pemerintah

Selasa, 14 Desember 2021 - 15:54 WIB

Edi-Rendi Hadiri Panen Jagung Hibrida di Muara Kaman

EKSPOSISI.COM, KUTAI KARTANEGARA – Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dan Rendi Solihin bersama Kadistanak Sutikno, Camat Muara Kaman H. Surya Agus, Kades Bunga Jadi Ismit, Ketua KTNA Kaltim Wisdianto, dan PT. Indoditas, melakukan panen dan penanaman Jagung Hibrida R7, di Lahan Kelompok Tani Dirgahayu Blok H-I, Desa Bunga Jadi, Kecamatan Muara Kaman, Selasa (14/12/2021).

Panen dan penanaman jagung hibrida R7 di atas lahan seluas 1 hektar (1Ha), milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Bunga Jani itu, dirangkai dengan penyerahan simbolis Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) oleh bupati-wakil bupati Kukar kepada Gapoktan Desa Bunga Jadi, Desa Panca Jaya dan Gapoktan Berakit Makmur Desa Teratak, disaksikan tamu undangan yang hadir.

Baca Juga :  Bupati Kukar Serahkan Bantuan Paket Ramadan di Masjid Besar Al Ilham Kecamatan Kembang Janggut

Edi menjelaskan, lahan seluas 1 hektar yang ditanami jagung hibrida milik kelompok tani Dirgahayu yang digarap oleh bapak Muhktarom, dan hari ini bersama-sama memanen jagung.

Jagung hibrida jenis R7 merupakan salah satu komoditi yang ia dorong karena pasarnya jelas dan perlakuannya tidak terlalu spesifik dan sangat mudah dengan karakteristik tanah di Kukar.

“Harganya juga lumayan, informasi yang saya dapat dari ketua kelompok tani harganya mencapai Rp 5,5-6 ribu per kilo,” ujarnya.

Dia berharap, semoga dengan kehadiran Pemkab Kukar pada panen jagung di Gapoktan Desa Bunga Jadi ini dapat menjadi bagian dari dorongan motivasi untuk mengembangkan budidaya jagung hibrida di Kukar.

Baca Juga :  Hasil Kopi Luwak Desa Perangat Baru Diminati Pengusaha dari Bali dengan Harga yang Tinggi

Oleh karena itu, ucap Edi, jagung hibrida ini salah satu komoditi yang sudah dikembangkan secara khusus dan sudah berkerjasama atau sudah MoU dengan enam perusahaan, salah satunya PT. Indoditas yang mengatur pengembangan budidaya dan pasarnya.

Dia berharap, budidaya jagung hibrida tersebut menjadi bagian dari kontribusi masyarakat dan Pemkab Kukar juga sudah merumuskan dalam RPJMD 2021-2026 bahwa sektor pertanian ini adalah sektor andalan (prioritas).

“Kita akan mendorong komoditi pertanian yang memang sudah jelas budidayanya dan pasarnya. Itu konsep kerja yang kita bangun saat ini dalam program Kukar Idaman, Edi-Rendi,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Advertorial

Genjot Sektor Pertanian Kukar Sebagai Lumbung Pangan IKN, Edi – Rendi Gelontorkan Rp700 Miliar

Advertorial

8 Titik Jalan Pertanian di Kukar Ditingkatkan, Target Akhir Tahun 2023 Rampung Sepanjang 32,55 Kilometer

Advertorial

Perbaikan Drainase di Kawasan Stadion Rondong Demang, Diharapkan Atasi Masalah Pertanian di Kelurahan Maluhu

Advertorial

Antisipasi Penyebaran PMK, Distanak Kukar Rutin Melakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Hewan Ternak

Advertorial

Dinas PU Kukar Turut Berkontribusi Bangun Infrastruktur Penunjang Pertanian

Advertorial

Meriahkan Hari Jadi ke-53 Kelurahan Maluhu Menggelar Festival Gebyar Maluhu Idamanku

Advertorial

Anggota DPRD Kutim Sebut Proyek Pengerjaan Jalan Padat Karya Telah Terealisasi

Advertorial

Ketua DPRD Kutim Ungkapkan Pansus LKPJ akan Melakukan Peninjauan Proyek Multiyears