Emas Anjlok Secara Tehnikal

106
Emas Anjlok Secara Tehnikal
Emas Anjlok Secara Tehnikal
Banner Top Article

Emas turun di sesi Rabu dimana secara tehnikal, level resistance utama masih sulit ditembus dan menjadi penghalang bagi logam kuning tersebut dan yuan melemah terhadap dolar AS atas kekhawatiran perang dagang AS Cina dapat terus bergejolak.

Emas spot turun 0,3 persen di level $1.194,08 per ons setenh sempat sentuh level terendahnya sejak 24 Agustus di harga $1.187,21 di sesi Selasa. Emas berjangka AS turun 0,3 persen di level $1.198,90 per ons.

Perdebatan verbal antara Washington dan Beijing terus berlanjut hingga Selasa, melemahkan pasar dalam tensi perdagangan berkepanjangan antara dua poros ekonomi dunia tersebut.

Konflik dagang telah pasar untuk memburu dolar AS dengan keyakinan AS lebih diuntungkan dengan kondisi saat ini. Kondsi ini pun melemahkan yuan, membuat emas menjadi mahal bagi Cina sebagai konsumen emas terbesar dunia.

Emas diperdagangkan di rentang harga $20 dalam dua pekan terakhir, dengan para pelaku pasar mencari sisi tehnkal sebagai petunjuk harga lebih lanjut.

Bank sentral AS sangat diyakini akan menaikkan suku biunga acuannya pada pertemuannya di September dan harapan terus berkembang untuk kenaikan suku bunga lainnya di Desember di balik data ekonomi AS yang positif.

Dengan kenaikan suku bunga, otomatis membuat yield oblgasi juga naik, sehingga membuat emas yang non-yielding jadi kurang menarik minat, dan cenderung mendorong dolar.

Perdagangan logam mulia lainnya, perak di pasar spot nyaris flat di $14,09 per ons, setelah sempat sentuh level terendah sejak Januari 2016 di $13,90 pada perdagangan sesi kemarin. Platinum naik 0,1 persen menjadi $788,40 per ons, sementara palladium turun 0,4 persen $970,75.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here