Empat Alasan Rally Dolar Terus Berlanjut

252
Empat Alasan Rally Dolar Terus Berlanjut
Banner Top Article

Greenback, sebutan lain dari dolar AS, diperdagangkan lebih tinggi terhadap semua mata uang utama. Rally dolar ini mampu membawa USD/JPY ke level terkuatnya dalam 11 bulan.

Perdagangan hari Rabu (3/5) didorong oleh kisah klasik dominasi ekonomi. Perekonomian terbesar di dunia bertumbuh paling cepat. Sementara laporan ekonomi secara global secara mengejutkan menuju sisi bawah. Data ekonomi AS secara konsisten mengalahkan ekspektasi pasar dan memperkuat momentum positif.

Menurut laporan terbaru, aktivitas sektor jasa berkembang dengan laju tercepat dalam lebih dari 20 tahun. Rincian laporan non-manufaktur ISM menunjukkan peningkatan berbasis luas dalam harga, pesanan baru, jaminan simpanan dan pekerjaan. Terlihat dari respon pasar dimana yields Treasury 10-tahun AS melonjak ke level tertinggi dalam 7 tahun dan langkah ini memainkan peran penting dalam mendorong rally dolar AS lebih tinggi.

Ada empat alasan rally dolar terus berlanjut:

  1. Perekonomian AS yang kuat dan data NFP akan mengkonfirmasi bahwa komponen ketenagakerjaan dari laporan ISM non-manufaktur naik untuk bulan ketiga berturut-turut. Kenaikan ini menunjukkan bahwa pertumbuhan gaji bisa melebihi 200 ribu pada bulan September
  2. Komentar Hawkish Fed – Sejumlah pejabat Fed berbicara hari Rabu dan banyak dari mereka tampaknya melihat risiko kenaikan signifikan terhadap inflasi. Ketua Fed Powell khususnya percaya bahwa ekspansi dapat berlanjut untuk beberapa waktu. Harga di sektor jasa meningkat dan ada peluang bagus bahwa PPI dan CPI akan naik juga.
  3. Tidak ada level resistance untuk yields obligasi 10-tahun hingga 3,5%. Berdampak pada pair USD/JPY naik setidaknya ke level 115. Pair USD/JPY diperdagangkan di atas SMA 200-minggu untuk pertama kalinya sejak awal Januari
  4. Data di luar negeri belum bagus – Meskipun AS mencetak angka yang lebih baik dari perkiraan, namun data ekonomi terbaru dari zona Euro, Inggris, Australia, dan Selandia Baru lebih lemah dari yang diperkirakan. Sehingga divergensi kinerja ekonomi menjadi alasan besar mengapa rally dolar terus berlanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here