Sekolah lanjutan ketrampilan SMK Jurusan Busana melahirkan lulusan siap kerja dengan kemampuan cukup matang. Seperti di antaranya, Fashion Designer Jey Tallo yang kini sudah tampak berkiprah dalam dunia fashion designer, baik lokal maupun nasional.

Jey tak berpuas diri dengan melanjutkan pendidikan S1 Manajemen Keuangan dan membuka diri mau belajar pada fashion designer senior yang berpengalaman. Kiprahnya pun semakin dikenal di tingkat nasional dengan keikutsertaannya di Indonesia Fashion Week 2019.

Fashion Designer Jey Tallo Semakin Dikenal di Tingkat Nasional 1

“Awal ketertarikan pada fashion designer itu saat saya masih SMP, berkunjung ke salah satu museum di kota kami, dan di sana banyak sekali  tenun yang sangat cantik, membuat hati saya tenang dan mulailah belajar untuk menggambar sedikit demi sedikit, sehingga saya memutuskan untuk mengambil sekolah lanjutan ketrampilan SMK Jurusan Busana, “ kata Jey Tallo kepada eksposisi.com, Kamis (24/10/2019).

Perempuan kelahiran Rote, 7 Januari 1988, itu membeberkan proses dalam design fashion. “Proses dalam design fashion kami dibimbing penuh oleh kak Defrico Audy sejak tahun 2018, yang awalnya kami masih belum mengerti benang merah tentang desain yang benar, tapi kak Audy sangat baik tekun dalam mengajar kami, “ beber lulusan SMP N 5 Kupang, SMK N 3 Kupang Jurusan Busana dan S1 Manajemen Keuangan Oemathonis Kupang.

Dengan bimbingan Definco Audy, lanjut Jey, banyak hal yang ia dapatkan. “Salah satunya dalam proses membuat gaun harus selalu diperhatikan cuttingan dan jatuh motif yang cantik, teknik jahit yang rapi dan bersih, “ ungkapnya mantap.

“Membuat desain dengan satu thema yang sama, membuat sesuatu dengan hati, akan kembali ke hati, “ tambahnya tampak begitu sangat bersemangat.

Fashion Designer Jey Tallo Semakin Dikenal di Tingkat Nasional 2

Menurut Jey, yang menjadi ciri khas dan istimewa desainnya dengan desain karya orang lain.

“Ciri khas dari Jey sendri adalah simple elegan, Jey selalu membuat desain berdasarkan jiwa Jey, apalagi dalam mendesain motif adat kami yang sangat banyak, Jey akan berpikir panjang dalam penempatan motif tanpa harus menghilangkan nilai luhur dan motif tersebut,” paparnya.

Bagi Jey, suka dukanya menjadi fashion designer banyak, semuanya seiring sejalan, ia menikmati proses yang ada. “Tidak ada bayi yang lahir langsung berjalan dan berlari. begitu juga Jey, banyak belajar, banyak mendengar dan apapun yang terjadi Jey harus sekuat baja, karena bagi Jey, masalah itu berkat, dari masalah kita banyak belajar yang terlewati oleh mata dan pikiran, “ ucapnya filosofis.

Pengalaman paling berkesan dalam hidup Jey adalah ia memulai hidup dan bertumbuh di bidang fashion designer etnis daerah. “Karena bagi Jey fashion akan selalu berputar, kita akan selalu dan selalu mendapat pelajaran baru, jika kita diam di tempat maka kita melewati banyak hal indah, “ ucapnya lagi semakin filosofis sekali.

Fashion Designer Jey Tallo Semakin Dikenal di Tingkat Nasional 3

Adapun, tantangan Jey menjadi fashion designer, yaitu harus selalu membuat sesuatu yang baru. “Dilihat dan dicintai orang lain, “ harapnya.

Menurut Jey perkembangan dunia fashion designer di Indonesia mengalami peningkatan. “Karena banyak designer lokal yang bermunculan dan mempunyai potensi yang luar biasa bagus sekali, “ tegasnya.

Obsesi dan harapan Jey dalam berkarier sebagai fashion designer adalah terus maju di dunia fashion. “Bisa maju seperti Rafi Ridwan yang dengan usia muda sudah bisa mengguncang dunia, “ tandas Jey Tallo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here