31.5 C
Jakarta
Minggu, 25 Agustus 2019
Beranda Agenda dan Peristiwa Forum Seni Budaya Tegal Bangga Prestasi Seniman Tegal

Forum Seni Budaya Tegal Bangga Prestasi Seniman Tegal

0
Forum Seni Budaya Tegal Bangga Prestasi Seniman Tegal

Tegal tak hanya terkenal dengan warteg-nya yang tersebar ke berbagai penjuru Jabodetabek, tapi senimannya yang selalu menunjukkan karya-karya terbaiknya. Tak hanya nasional, bahkan juga internasional. Terbukti, film Turah yang berbahasa Tegal, sutradara dan para pemainnya aktor-aktris andal dari Tegal, mewakili Indonesia berkompetisi di kategori film Berbahasa Asing Terbaik Academy Awards ke-90. Begitu terpilih maju ke ajang yang dikenal dengan nama Oscar itu, para seniman dan tokoh Tegal yang diinisiasi wartawan dan sastrawan Akhmad Sekhu langsung memberi dukungan dengan membentuk WhatApp Group (WAG) Forum Seni Budaya Tegal.

Kegiatannya nobar film Turah yang digelar di XXI Taman Ismail Marzuki (TIM) yang dihadiri sutradara Wicaksono Wisnu Legowo dan aktor Slamet Ambari (almarhum). Acara tersebut juga dihadiri Suswono, Mantan Menteri Pertanian yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT) dan Sekjend IKBT Hartoyo beserta jajarannya.

Sebelumnya, Tahun 2016, film arahan sutradara Wicaksono Wisnu Legowo ini memenangi tiga kategori sekaligus; Geber Award dan Netpac Award dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival. Sedangkan kategori Asian Feature Film Special Mention diraih dalam Singapore International Film Festival. Kemudian, 10 April 2019, film ini diputar di ACMI Cinema Federation Square Melbourne, Australia.

Forum Seni Budaya Tegal menggelar pertemuan di Gudeg Kendil Mas Jl. RS Fatmawati 76 Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu, 4 Agustus 2019. “Pertemuan ini kita membicarakan perkembangan kesenian Tegal dan mendukung berbagai kegiatan seniman Tegal untuk tetap semangat berkarya, “ kata Imam Supayitno mantap.

Pak Imam menyebut bahwa Teater RSPD Tegal menjadi juara umum pada Parade Teater Daerah 2019 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Sabtu (22/6/2019).. “Mewakili dari Provinsi Jawa Tengah, teater arahan sutradara Yono Daryono dengan lakon ‘Mantu Poci’ karya Seful Mu’min itu mampu meraih penghargaan ketegori Penyaji Terbaik, Sutradara Terbaik Yono Daryono dan Aktor Terbaik Mameth Suwargo, “ ucap Pak Imam bangga.   

Kemudian, lanjut Pak Imam, Teater Detak SMAN 1 Tegal, juga menjadi juara umum di Festival Sastra Indonesia, Balai Bahasa Jawa Tengah, meraih penghargaan ketegori Penampil terbaik 1 (mewakili Jateng ke nasional), Aktris Terbaik, dan sutradara Terbaik. “Sungguh saya sangat bangga dan terharu prestasi yang diraih para seniman Tegal, “ tutur Pak Imam penuh rasa syukur.

Adapun, Bunda Aash, membahas pertemuan Forum Seni Budaya Tegal yang awalnya hanya obrolan santai itu kemudian menghasilkan sebuah rencana untuk membuat program siaran bahasa Tegal. “Acaranya dalam waktu dekat kalau Mas Yono Daryono ke Jakarta, “ ujar Bunda Aash .   

Lebih lanjut, Bunda Aash menerangkan perihal acara tersebut. “Kita akan ngobrol-ngobrol santai di studionya Mas Salahudin, tapi pakai Bahasa Tegal dan langsung disiarkan juga di Channel YouTube. Pak Imam tetap memfasilitasi pertemuan selanjutnya, “ papar Bunda Aash.

Intine, ora usah isin ngomong nganggo bahasa Tegal, “ imbuh Bunda Aash penuh percaya diri menegaskan intinya, tidak usah malu bicara menggunakan bahasa Tegal.

Dalam pertemuan tersebut, hadir seniman dan tokoh Tegal seperti di antaranya: Bunda Aash: Pak Arbain, Pak Bambang Suhud, Pak Imam, Pak Edy Budyarso, Bunda Aash, Bu Dewi dan Bu Eko. Mereka begitu kompak dan guyub mempererat tali persaudaraan sesaama orang Tegal dan tentunya untuk terus mendukung berbagai kegiatan seniman Tegal untuk tetap semangat berkarya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here