Fundamental Belum Berubah, Pasar Nantikan Pergerakan AS

161
Fundamental Belum Berubah, Pasar Nantikan Pergerakan AS
Banner Top Article

Isu stabilitas emerging market dan perang dagang antara AS-China masih mendominasi pasar hari ini.

Bursa Asia dilaporan bergerak naik dan turun karena tidak ada petunjuk berarti dari pasar AS karena kemarin tutup. Bursa emerging market masih dalam kondisi lemah. S&P/ASX 200 tergelincir 0,4%, Kospi melemah 0,1% dan Hang Seng flat.

Dari pasar mata uang, yen dilaporkan fluktuatif pada level 111,12 per dolar sementara aussie tembus level terendah menyusul buruknya laporan defisit neraca. Akibatnya peluang kenaikan suku bunga semakin besar. Poundsterling masih stabil meski proposal Brexit mendapat tentangan dari masyarakat. Yuan diperdagangkan pada 6,8318 per dolar dan euro melemah menjadi $1,1599.

Performa bursa AS dan keputusan suku bunga the Fed pada September akan menjadi faktor vital dalam menganalisa arah pergerakan pasar terutama yang berkaitan dengan negara-negara emerging.

Perundingan NAFTA masih alot karena belum disepakati Kanada, sehingga membuka peluang kerjasama bilateral, antara AS dan Meksiko saja. Pemberlakuan tarif baru bagi barang-barang impor China semakin dekat dan kemungkinan diumumkan pada Kamis nanti.

Dari pasar komoditas, minyak diperdagangkan stabil setelah sempat menempati level tertinggi dalam dua bulan terakhir akibat ekspor minyak mentah Iran turun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here