Eksposisi.com – Menggarap film yang sudah melegenda pada masa silam seperti ‘Si Manis Jembatan Ancol’ menjadi tantangan tersendiri Anggy Umbara. Apalagi penggarapan pada saat dirinya sedang cidera.

Anggy memang termasuk sutradara gaek yang mampu menggarap film dalam situasi apapun. Daya kreatifnya terus terasah di penggarapan film ‘Si Manis Jembatan Ancol’ yang menuntut dirinya untuk berpikir keras dengan karyanya yang khas.

simpati

“Dalam penggarapan film ini kekuatannya pada cerita, “ kata Anggy Umbara, saat ditemui dalam acara gala premiere film ‘Si Manis Jembatan Ancol’ di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Lelaki kelahiran Jakarta, 21 Oktober 1980 itu membeberkan penggarapan film ini dengan tema klasik sekali. “Dalam film ini, saya mengingatkan pada asal legenda sebenarnya. Beda film horor lain dengan film ini, kita sebagai penonton diajak untuk bersama Si manis, bahwasannya kita simpati dengan Si Manis, “ bebernya.

Si Manis bukan menteror kita, kata Anggy, tapi menteror orang-orang jahat. “Si Manis bukan hantu jahat, bahkan bisa dibilang hantu yang baik karena menteror orang jahat,“ ungkapnya mantap.

Dalam adegan film ‘Si Manis Jembatan Ancol’ terdapat selendang panjang, Anggy mengaku dirinya tak mengalami kesulitan dalam penggarapannya.”Karena itu sudah lama saya lakukan dalam penggarapan iklan, karena dulu saya memang banyak menggarap iklan, “ terang Anggy.

Penggarapan film ini, kata Anggy, dikerjakan sekitar 19 hari. “Penggarapan film ini termasuk paling lancar yang saya lakukan dalam penggarapan film selama ini karena tidak halangan sehingga sesuai dengan jadwal yang ditentukan, “ tutur Anggy penuh rasa syukur.

totalitas

Sementara itu, Ozy Syahputra, yang pernah terlibat film Si Manis Jembatan Ancol untuk versi tahun 1993 hingga sinetronnya pada tahun 2017, menerangkan ia menemukan perbedaan mendasar antara berakting dulu dan saat ini, mengingat lebih banyaknya adegan yang ia bintangi untuk film ini.

“Ya, dulu kan cuma untuk tim hore-hore saja, lucu-lucuan saja, Kalau disini kan saya totalitas dan saya berakting. Mimik, gesture, intonasi suara semuanya akting. Jadi saya baru merasa, akting itu seperti ini,” ungkap Ozy.

Adapun, Indah Permatasari, Pemeran Maryam atau Si Manis dalam film ini, menuturkan ia cukup bersyukur diberi kemudahan untuk tidak mengeksplor karakter Si Manis yang diperankan beberapa aktris ternama seperti Lenny Marlina, Kiki Fatmala, Diah Permatasari hingga Dewi Perssik dalam empat versi sebelumnya.

“Kebetulan ini film beda banget. Nggak ada sangkut pautnya sama Si Manis lalu-lalu. (Kesulitannya) pasti berat banget karena reading seminggu untuk karakter utamanya si Maryam dan ceritanya yang sangat kuat sedangkan range emosinya itu berbeda-beda,” ujar Indah.

Film produksi MVP Pictures bekerjasama dengan Umbara Brothers ini lebih lanjut memiliki premis balas dendam seorang wanita atas tindakan suami yang cemburu buta atas hubungannya dengan lelaki lain. Si Manis Jembatan Ancol dibintangi oleh Indah Permatasari, Ozy Syahputra, Arifin Putra, Randy Pangalila, dan banyak lagi. Film ini akan serentak ditayangkan pada akhir tahun, tepatnya 26 Desember 2019.

Garap Film ‘Si Manis Jembatan Ancol’, Anggy Umbara Ingatkan Asal Legenda Sebenarnya 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here