Harga Emas Jangka Pendek Bisa Bertahan Diatas $1.200

78
Harga emas dalam jangka pendek diperkirakan bisa bertahan diatas $1.200 per troy once. (Lukman Hqeem/Ist.)
Harga emas dalam jangka pendek diperkirakan bisa bertahan diatas $1.200 per troy once. (Lukman Hqeem/Ist.)
Banner Top Article

Harga emas terus naik pada perdagangan hari Selasa (28/08), memperpanjang kenaikan mereka dari minggu lalu. Dolar AS jatuh menyusul berita tentang perjanjian perdagangan antara AS dan Meksiko.

Logam mulia menguat atas greenback karena optimisme kesepakatan NAFTA membatalkan beberapa kekhawatiran perang dagang pada bulan Agustus. Sebagaimana diberitakan, pada hari Senin, Presiden AS Donald Trump mengumumkan kesepakatan awal dengan Meksiko. Dalam kesepakatan ini dibahas tentang isu-isu yang telah mengadakan renegosiasi Perjanjian NAFTA selama lebih dari setahun.

Para investor nampaknya menafsirkan kesepakatan itu sebagai pelunakan ketegangan perdagangan yang mendominasi pasar. Risk appetite lebih tinggi pada awal pekan ini karena kesepakatan dengan Meksiko dapat mengarah pada sikap lembut pada perdagangan dari administrasi Trump.

Terhadap latar belakang itu, harga logam mulia dan mata uang AS melanjutkan hubungan terbalik hari Senin, dengan emas untuk kontrak Desember, menetap di $ 1.216 per ounce sebagai indeks dolar terkemuka turun 0,4 % menjadi 94,768. Emas sering diperdagangkan lebih tinggi ketika dolar melemah, dan sebaliknya, karena logam mulia diperdagangkan dalam greenback.

Emas telah mencatat kenaikan sekitar 2,5% pekan lalu, kenaikan mingguan pertama dalam tujuh. Indeks Dollar Amerika Serikat, ukuran indeks dolar yang terindeks terhadap enam saingan, turun 1% untuk pekan lalu, yang merupakan kemerosotan mingguan paling tajam sejak Februari. Itu masih naik 0,3% untuk Agustus sejauh kenaikan suku bunga meningkatkan biaya peluang memegang emas yang memang tidak memberikan imbal hasil bunga.

Suku bunga kembali menjadi fokus baru-baru ini. Pasar menunggu pernyataan Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell pada simposium tahunan di Jackson Hole, Wyo, pekan lalu. Jerome Powell  mengatakan bahwa kenaikan suku bunga AS akan dilakkan secara bertahap. Untuk menhindari risiko ekonomi yang terlalu panas. Dia juga mengatakan dia siap untuk melakukan “apa pun yang diperlukan” jika inflasi menjadi tidak naik ke atas atau ke bawah “atau krisis akan mengancam lagi.”

Analisa Teknikal Harga Emas

Penguatan kembali harga emas di atas $ 1.200 adalah konsekuensi langsung dari kata-kata Gubernur Fed Jerome Powell. Ia menegaskan rencana kenaikan suku bunga bertahap untuk 2019. Hal ini memicu ekspektasi pelunakan kebijakan moneter AS.

Sementara itu, secara teknikal, harga emas memiliki kemampuan untuk bertahan diatas $ 1.200. Peluang ini terbuka setelah pasar telah memantul dengan jelas dari tekanan bearish berdasarkan posisi jangka pendek. Fakta bahwa para pelaku pasar sebelumnya sangat pesimis terhadap emas juga kemungkinan telah berkontribusi terhadap kenaikan harga minggu lalu. Mereka melihat statistik Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi yang menunjukkan posisi jual lebih banyak menjadi 90.000 kontrak dalam seminggu hingga 21 Agustus.

Seperti pada minggu-minggu sebelumnya, masalah posisi jual yang meningkat sementara posisi beli masih tetap hampir tidak berubah. Beberapa posisi jual kemungkinan akan ditutup pada akhir pekan, terutama setelah harga melampaui angka $ 1.200. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here