Harga minyak stabil, Saudi puas dengan level harga saat ini

128
Harga minyak stabil, Saudi puas dengan level harga saat ini
ameinfo
Banner Top Article

Harga minyak diperdagangkan stabil hari ini setelah meningkatnya cadangan minyak di Amerika berhasil menyapu kecemasan pasar akan kekurangan suplai ketika sanksi terhadap Iran resmi diberlakukan.

Organisasi pengekspor minyak dunia atau OPEC bersama-sama dengan negara non OPEC lainnya berserta Rusia ada mengadakan pertemuan pada 23 September nanti di Algeria. Disana mereka akan membahas alokasi kenaikan kuota untuk menutupi berkurangnya pasokan minyak dari Iran.

Sementara itu, sanksi AS terhadap Iran akan berlaku mulai 4 November mendatang.

American Petroleum Institute melaporkan persediaan minyak mentah meningkat 1,2 juta barrel menjadi 397,1 juta di minggu sampai dengan 14 September. Sementara persediaan bahan bakar suling termasuk diesel dan minyak bahar naik 1,5 juta barrel.

Minyak West Texas diperdagangkan turun 4 sen menjadi $69,81 per barrel. Minyak Brent turun 9 sen pada $78,92 per barrel.

Pergerakan harga minyak sejauh ini cukup memuaskan terutama bagi Arab Saudi yang menginginkan minyak berada pada kisaran $70-$80 untuk menjaga keseimbangan pendapatan maksimal. Jika melihat kondisi saat ini besar kemungkinan Saudi tidak akan menaikkan produksinya karena ada dugaan ekspor tidak naik pada Juli lalu. Data menunjukkan, ekspor minyak Saudi turun menjadi 7,12 juta barrel per hari dibulan lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here