Eksposisi.com, Jakarta. Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) bekerjasama dengan ABBASOURCE.COM mengundang para desainer mebel dan Industri pembuat mebel (maker) untuk
mengikuti Open Call Indonesia Creation (OCIC) 2019. OCIC ini merupakan kompetisi untuk memilih desain-desain terbaik dari desainer mebel Indonesia untuk dijual produk dan karyanya di pameran
furnitur paling bergengsi di dunia, Salone del Mobile 2020 di Milan, Italia.

Salone del Mobile kerap menjadi barometer tren desain produk living di dunia. Tiap tahunnya pameran ini dihadiri oleh 188 negara dan lebih dari 2.300 perusahaan global.

“OCIC tahun ini kami khususkan untuk desain dan produk meja dan kursi terlebih dahulu. Ini tidak menutup kemungkinan bahwa di tahun-tahun berikutnya akan melebar ke produk-produk lain, seperti lampu, home accessories, dan produk living lainnya, ” jelas Ira Samri, ketua HDMI.

Pemilihan produk meja dan kursi ini didasarkan atas permintaan yang selalu tinggi terhadap kedua produk ini dari industri living internasional. “Desainer dan maker dapat mendaftarkan karya dan produk jadinya melalui portal www.abbasource.com, di mana calon peserta dari anggota HDMI bisa mendaftar dengan mencantumkan nomor keanggotannya, dan yang belum menjadi anggota HDMI akan secara otomatis menjadi anggota setelah mengisi form dan melengkapi ketentuan yang tercantum di portal tersebut,”
tambah Ira.

Karya-karya yang masuk akan diseleksi oleh team kurator yang terdiri dari berbagai praktisi di dunia desain dan interior, antara lain, Fabianus K dan Noel Febry dari HDMI serta Diana Nazir, Principal
Designer dari Artura Insanindo.

“Kriteria-kriteria penilaian dalam kompetisi ini terdiri atas dua bagian, pertama dinilai dari aspek estetika, ergonomi, dan teknis selanjutnya dari segi produksi dan harga,” jelas Diana Nazir.

ABBASOURCE.COM akan berperan sebagai kendaraan untuk memasarkan karya-karya yang terpilih dalam OCIC 2019 ini di Pameran Salone del Mobile 2020 yang akan berlangsung dari tanggal 21 sampai 26 April 2020. “Hari ini kami meluncurkan www.abbasource.com, sebuah portal yang bertujuan untuk menjadi wadah bagi para desainer dan maker berbakat untuk membawa furnitur Indonesia yang berkualitas ke pasar global,” jelas Indra Febriansyah, Chief Community Officer dari ABBASOURCE.COM. 

Di portal ini, para desainer mebel dan pembuat mebel yang sudah menjadi member dapat mengusulkan produk dan karya-karyanya di lini Co-Creator Zone. “Kami merupakan team yang terdiri dari sekumpulan praktisi sudah lama berpengalaman dalam produksi dan pemasaran produk- produk furnitur berkualitas, sehingga ABBASOURCE.COM dapat menjadi jembatan bagi desainer-desainer berbakat untuk bisa memproduksi desain-desain mereka dengan kualitas yang mampu bersaing secara global,” tambah Indra.

Di dalam portal ini juga terdapat lini Online Store yang merupakan etalase digital untuk memasarkan produk- produk karya desainer dan maker Indonesia agar bisa diakses oleh pasar global. Selain itu
ABBASOURCE.COM juga memiliki lini Our Story yang memuat informasi dan kisah bagaimana sebuah produk dihasilkan hingga pengetahuan tentang furnitur dan pasar desain dunia.

Menurut catatan Nikkei 2018, pasar furnitur dunia memiliki total nilai transaksi sejumlah US$ 480 milyar, diperkuat dengan survei dari USA Research and Markets, di mana industri furnitur dunia akan tumbuh sebesar 5,2% pada tahun 2018-2023. Data ini menunjukan peluang yang besar bagi Indonesia untuk masuk dalam pusaran industri furnitur dunia dengan menyodorkan produk berkualitas yang memiliki kekhasan tersendiri.

“Kita punya kekayaan material yang lengkap dengan keahlian craftsmanship yang andal. Produk handmade Indonesia dengan keahlian kerja tangan turun temurun mulai dari mengolah material kayu,
rotan dan bambu, menenun, menganyam, hingga keahlian membuat keramik merupakan kekuatan kita untuk menembus pasar dunia,” tambah Diana Nazir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here