Hong Kong Intervensi Pasar Setelah Perundingan Dagang China-AS Kolaps

139
Hong Kong Intervensi Pasar Setelah Perundingan Dagang China-AS Kolaps
Banner Top Article

Otoritas keuangan Hong Kong kembali melakukan intervensi untuk menjaga patokan nilai tukar menyusul melonjaknya dolar AS karena perundingan dagang China-AS tidak sesuai harapan. Hong Kong intervensi pasar setelah perundingan dagang China-AS kolaps

Badan moneter Hong Kong tersebut melakukan aksi borong senilai HK$1,77 miliar sepanjang sesi perdagangan New York pada Kamis malam. Hal ini terpaksa dilakukan karena dolar HK sudah menyentuh level batas terlemahnya selama tiga sesi berturut-turut sampai Jumat.

Sementara itu perundingan antara Tiongkok dengan AS ditutup tanpa ada perkembangan berarti, dimana pada rapat itu juga dibahas hal-hal yang berkaitan dengan pengenaan tarif. Akibatnya indeks acuan Hang Seng terkulai lemas mencapai hari kedua Jumat ini.

Menyusul langkah intervensi, pasar tengah memantau apakah akan berdampak kepada naiknya biaya pinjaman di Hong Kong. The Fed sendiri diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan bulan depan dan ini membuka jalan bagi kenaikan suku bunga acuan di Hong Kong dalam satu dekade terakhir.

Dolar Hong Kong terakhir kali diperdagangkan pada posisi 7,8499 terhadap dolar AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here