Huawei, ZTE Dilarang Masuk Ke Australia

99
Banner Top Article

Australia terlihat seperti menjaga jarang dari Huawei dan ZTE, setelah Australia memberlakukan larangan yang membuat larangan masuknya kedua perusahaan tersebut jauh lebih merugikan bagi bisnis kedua perusahaan dibandingkan dengan apa yang telah dilakukan oleh AS.

Menurut Financial Times dan Reuters, pemerintah Australia melarang perusahaan telekomunikasi Cina itu untuk memasok perangkat dengan teknologi 5G kepada operator selular lokal dengan alasan keamanan nasional.

Huawei telah mengkonfirmasi tindakan tersebut dalam sebuah pernyataan yang disampaikan melalui Twitter, dimana Huawei juga mengatakan hampir 15 tahun sudah memberikan teknologi nirkable di Australia dengan aman dan keamanan.”

FT mengatakan Australia adalah negara pertama yang secara eksplisit melarang perusahaan lokal menjalin kerja sama dengan perusahaan tersebut, sementara larangan pemerintah AS hanya mencakup personal, agensi dan kontraktor.

Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Australia mengatakan:
“Keterlibatan vendor yang cenderung tunduk pada arahan di luar hukum dari pemerintah asing yang bertentangan dengan hukum Australia, dapat berisiko kegagalan oleh operator untuk melindungi jaringan 5G secara memadai dari akses atau interferensi yang tidak sah.”

Di bawah undang-undang di Cina, perusahaan dan organisasi diminta untuk membantu dalam upaya intelijennya ketika diminta. Otoritas Australia tampaknya khawatir akan kemungkinan perusahaan-perusahaan China menjadikan jaringan 5G Australia rentan terhadap infiltrasi dengan tujuan untuk tujuan spionase.

Seorang pejabat pemerintah mengatakan kepada Reuters bahwa larangan itu ditujukan, khususnya, untuk Huawei, mungkin karena sudah mengirim negara itu tawaran untuk mengawasi pengembangan jaringan 5G nya dan untuk memasok peralatan jaringan, termasuk stasiun pangkalan dan menara komunikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here