Eksposisi, Jakarta- Bioskop INDISKOP didirikan sejak tahun 2019 tujuannya adalah memajukan film-film nasional dengan memberikan ruang kepada masyarakat untuk bisa menikmati suguhan film berkualitas dengan harga terjangkau. Bukan hanya sebagai ruang putar, INDISKOP juga memberikan ruang belajar untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan industri kreatif.

Sejak pandemi COVID-19 menyebar ke seluruh negara di dunia. Hampir semua kegiatan ekonomi, pendidikan, dan hiburan terkena dampak pandemi tersebut. Film sebagai bagian dari industri hiburan juga mengalami masa sulit karena harus menghentikan sementara kegiatan produksi film dan operasional bioskop. Seluruh jaringan bioskop tanah air harus menutup bioskop mereka sebagai imbas dari COVID-19.

Dalam rangka inisiatif untuk tetap produktif pada masa pandemi COVID-19, INDISKOP bersama dengan Bank Mandiri menggagas INDISKOP FESTIVAL, menghadirkan program edutainment yang diproduksi dan didistribusikan secara online melalui aplikasi khusus, platform webinar dan kanal sosial media INDISKOP.

INDISKOP FESTIVAL akan diselenggarakan pada Juni hingga Agustus 2020 dengan mengangkat tema festival “Indonesia Bangkit – Dari Rumah untuk Indonesia” membawa berbagai rangkaian program seperti, fillmaking class, social dan creative enterpreneurship class, talkshow, short film competition dan film screening.

“Acara ini bertujuan untuk membangun optimisme yang harus dijaga meski di saatsaat sulit seperti ini. Menyebarkan energi positif melalui film festival menjadi salah satu bentuk kreatif dalam menyiasati masa pandemi. Dalam program film kompetisi INDISKOP FESTIVAL ini, film hasil pemenang kompetisi dapat menjadi salah satu medium interaktif masyarakat yang diharapkan untuk saling menularkan semangat positif. Sebagai bentuk kepedulian sosial, ada juga kelas khusus yang hasilnya untuk donasi pada pekerja kreatif yang terdampak COVID-19,” ungkap Marcella Zalianty selaku inisiator INDISKOP FESTIVAL.

Program Kompetisi Film Pendek akan melibatkan seluruh masyarakat, siapapun bisa ikut mendaftar. Di akhir acara festival yang berhasil menjadi pemenang film kompetisi akan ditayangkan di kanal aplikasi milik INDISKOP. Bukan hanya itu, para pemenang juga akan merasakan “Malam Penghargaan” yang akan dilakukan secara virtual. INDISTALK, program talkshow yang membahas berbagai tema terkait film, sosial budaya dan topik kekinian lainnya.

Sejalan dengan perayaan HUT RI ke 75 tahun, Program INDISSCREENING menampilkan film-film hasil kurasi dengan tema “Indonesia Bangkit”. Selain itu ada program INDISCLASS, adalah kelas-kelas pembelajaran film dan juga industri kreatif yang dilakukan secara online, di antaranya kelas film bisnis dan strategi, kelas storytelling, kelas film produksi, kelas penyutradaan, kelas penulisan skenario, editing, dan juga kelas kewiraushaan sosial. kelas-kelas ini akan disiarkan melalui platform Zoom. Di akhir acara akan diputarkan film-film hasil kompetisi film pendek dengan tema “#DariRumahuntukIndonesia” melalui kanal aplikasi INDISKOP.

Program INDISKOP FESTIVAL mengajak masyarakat tetap bisa kreatif dan produktif meski dari rumah. INDISKOP FESTIVAL diharapkan dapat menjadi ruang virtual untuk menyebarkan energi kreatif, membangun optimisme, mengapresiasi indrustri film dan ekonomi kreatif dan juga medium berbagi kepada masyarakat terdampak pandemi di era kenormalan baru yang akan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Indiskop Festival diselenggarakan atas kerjasama Indiskop dan Bank Mandiri. Festival ini didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Indika Foundation. Patner media Detik.com, Mahaka media, Harian Kompas, Kompas.id, Harian Republika, Republika Onlin, Indika FM, Gen FM dan Mustang FM. Juga asosiasi yang mendukung; KADIN, PARFI 56, SIBERKREASI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here