Investor Khawatirkan Aksi Jual Dari Pasar Berkembang

233
Kekhawatiran investor meningkat setelah Rand jatuh dan membawa Afrika Selatan masuk dalam krisis. (Lukman Hqeem)
Kekhawatiran investor meningkat setelah Rand jatuh dan membawa Afrika Selatan masuk dalam krisis. (Lukman Hqeem)
Banner Top Article

Aksi jual di sejumlah pasar negara berkembang menyebar dan menimbulkan kekhawatiran investor. Pemerintah Indonesia meningkatkan upaya untuk mempertahankan rupiah. Sementara Korea Selatan berusaha memulai pembicaraan denuklirisasi dengan Korea Utara.

Pasar negara berkembang baru-baru ini makin mengkhawatirkan karena Afrika Selatan memasuki resesi. Sementara mata uang rupiah Indonesia bergabung dengan Turki dan Argentina dalam kemerosotan menuju rekor terendahnya.

Indeks mata uang MSCI Inc. turun untuk kelima kalinya dalam enam hari, ditutup pada level terendah dalam lebih dari satu tahun. Rand Afrika Selatan memimpin penurunan global. Lira Turki melemah karena kekhawatiran bank sentral akan mengecewakan investor pada pertemuan tingkat minggu depan.

Sementara Peso Argentina merosot ke rekor terendah dan Rupiah merosot ke level terendah dalam dua dekade bahkan setelah bank sentral mengintensifkan perjuangannya untuk melindunginya. Saham Asia ditetapkan untuk penurunan pada Rabu pagi setelah dolar menguat dan ekuitas AS tergelincir.

Indonesia berencana untuk menunda $ 25 milyar proyek listrik karena berusaha untuk mengendalikan defisit neraca berjalan yang melebar dan aksi jual dalam mata uang negara. Pemerintah akan menunda hampir setengah dari 35 gigawatt proyek listrik yang direncanakan untuk mengurangi tekanan pada impor, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan kepada wartawan di Jakarta pada hari Selasa. Penundaan dapat membantu mengurangi impor sekitar $ 8 miliar hingga $ 10 miliar, katanya.

Pemerintah Presiden Joko Widodo mengintensifkan upaya untuk menjaga rupiah. Bank Indonesia telah mengadopsi sejumlah langkah untuk meningkatkan likuiditas, dan pihak berwenang mengatakan mereka akan menekan spekulasi di pasar valuta asing untuk mengekang volatilitas, sementara pemerintah berencana untuk mengekang impor beberapa barang konsumsi.

Korea Memulai Pembicaraan Nuklir

Utusan Korea Selatan akan berusaha untuk menghidupkan kembali pembicaraan nuklir antara AS dan Korea Utara dalam misi berisiko tinggi untuk Pyongyang, karena Presiden Trump mengungkapkan frustrasi yang semakin meningkat dengan negosiasi. Delegasi lima anggota yang dikirim oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in diperkirakan akan tiba di ibu kota Korea Utara pada Rabu pagi.

Tim yang sama – termasuk kepala Kantor Keamanan Nasional Chung Eui-yong dan kepala Dinas Intelijen Nasional Suh Hoon – membantu menengahi pertemuan pertama bersejarah antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un awal tahun ini. Mereka sekarang menghadapi mungkin tugas yang lebih sulit karena perselisihan meningkat di atas kecepatan dan urutan upaya untuk menghilangkan persenjataan nuklir Korea Utara dan akhirnya mengakhiri Perang Korea. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here