Kota Ende patut bangga memiliki Rikin Radja, seorang desainer muda yang dalam karya desainnya selalu mengangkat akar budaya tradisional Enda yang kuat. Ia memang menjadi desainer dengan harapan menginginkan tenun ikat selalu ada dan dikenal banyak orang. Bahwasannya menjadi fashion desainer salah satu jalan baginya untuk bisa merealisasikan mimpinya tersebut.

“Awal ketertarikan saja menjadi fashion designer, saya suka mengaplikasikan kostum penari. Saya pegawai APBN tapi punya hobby sampingan sebagai penari dan kemudian menjadi koreografer, “ kata Rikin Radja saat dihubungi, Senin (11/11/2019).  

Lelaki kelahiran Ende, 30 Juni 1980 itu membeberkan dari situ ia suka mengaplikasikan kostum penari. “Tiap kali event sesuai tema atau event yang diminta, saya berusaha mendesain baju yang siap atau bisa dipakai dalam moment apapun, “ beber alumni Teknik Informatika STMIK Akakom Yogyakarta.

Menurut Rikin, yang menjadi ciri khas dan istimewa desainnya dengan desain karya orang lain. “Saya berusaha menampilkan kesederhanaan dengan mengangkat tenun dalam arti desain ini bisa dipakai kalangan apapun, “ ungkapnya mantap.

Menjadi fashion designer, lanjut Rikin, tentu ada suka dukanya. Rikin mengaku dirinya bukan penjahit, tapi keinginannya mendesain dan mengaplikasi sangat tinggi. “Itu menjadi tantangan tersendiri, sangat sulit awalnya tapi saya selalu paksa untuk bisa dan lambat laun saya mulai bisa serta mulai terbiasa. “Sekarang saya sudang dipercayakan untuk mendesain baju pengantin modern, “ ucapnya bangga.

Rikin mengaku masih pemula dan lebih menariknya desain yang dibuat langsung di manekin. “Karena saya tidak tahu gambar dan buat pola. Untungnya, ada penjahit pribadi yang sampai sekarang sudah nyaman dengan saya. Saya gambarkan ide desain saya dan kemudian beliau gambarkan pola dan detail kecil saya yang mengaplikasikan. Karena saya suka merangkai dan mengaplikasikan, “ paparnya.

Jadi Desainer, Rikin Radja Inginkan Tenun Ikat Dikenal Banyak Orang 1

Rikin menceritakan pengalaman berkesan adalah saat dirinya pernah mendesain baju untuk kelompok vocal group yang akan ikut lomba, tapi pertengahan jalan dibatalkan padahal ia sudah membuatkan. “Saya putus asa menggunting semua dan menghancurkan hasil desain karena saya sangat kesal. Tapi kemudian, tumbuh niat dalam hati saya, saya harus bisa dapat peluang lagi, akhirnya saya dipercayakan paduan suara lain mendesain baju mereka untuk diaplikasikan, dan antusiasnya luar biasa, sampai vocal group yang sebelumnya membatalkan melihat hasilnya pun terdiam, “ kenangnya.

Hal itu Rikin lakukan tentu ada alasannya, betapa ia sangat tersinggung kalau ada orang yang menyepelekan karya. “Mereka tidak melihat proses ide itu dibuat. Saya suka seni. Saya cinta tenun. Saya suka tradisional. Saya bangga jadi generasi muda yang dikasih ruang dan kepercayaan untuk berkarya. Saya bangga menjadi pribadi yang bertalenta. Semua karna karunia Tuhan, “ tuturnya penuh rasa syukur.

Rikin berpendaat perkembangan dunia fashion designer di Indonesia sangat luar biasa perkembangan fashion sekarang. “Saya bangga sekali ketika melihat desainer-desainer hebat go internasional. Ini membuktikan Indonesia punya ruang dan kesempatan untuk berkarya di dunia, apalagi kalau yang didesain masalah identitas diri atau kata lain tenun ikat Indonesia, saya bangga sekali dan bisa menjadi referensi bagi kami pemula, “ tegasnya.

Kebanggaannya, kata Rikin, apalagi dirinya putra daerah yang lahir dari kota rahimnya Pancasila, kota Ende dengan destinasi danau Kelimutu sebagai iconnya. “Saya bangga bisa berkarya di jalur fashion desain mengangkat tenun ikat yang bisa dipake di suasana resmi dan santai, “ ujarnya.

Obsesi dan harapan Rikin dalam berkarier sebagai fashion designer hanya mau satu saja. “Saya ingin tenun ikat selalu ada dan dikenal banyak orang menjadi fashion desainer salah satu jalan untuk bisa merealisasikan mimpi ini. Dari tenunan saya bisa mendesain sesuai rasa, filing, perasaan, keinginan, untuk menjadikan sebuah fashion yang luar biasa dari kalangan anak kecil sampai orang tua, “ pungkas Rikin Radja.

Jadi Desainer, Rikin Radja Inginkan Tenun Ikat Dikenal Banyak Orang 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here