Persidangan gugatan Film Nagabonar Reborn masih terus berlangsung. Masalahnya cukup rumit karena tentang Hak Cipta. Film produksi Gempita Tjipta Perkasa dengan arahan sutradara Dedi Setiadi itu mendapat gugatan dari Demi Gisela Cipt Sinema.

“Dalam dunia perfilman, judul tidak ada hak ciptanya, yang ada hak ciptanya adalah isinya, sedangkan judul itu hanya merek, kalau didaftarkan  di merek dagang, bukan di hak cipta, “ kata DR. Kemala Atmojo sebagai saksi ahli dalam sidang film Nagabonar Reborn, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (12/11/2019).  

Kemala membeberkan, bahwa Hak Cipta itu sangat spesifik, jadi setiap cerita film itu harus berbeda-beda isinya dan didaftarkan . “Sedangkan judul boleh sama, bahkan biasa sekali.  Isinya harus lain, kecualisama persis itu berarti ada pelanggaran Hak Cipta, dan itu harus dibuktikan, “ bebernya.

Film Nagabonar Reborn belum tayang, kata Kemala, jadi gugatan Film Nagabonar Reborn Itu bisa dibikang premetur. “Gugatan Hak Cipta hanya boleh digugat kalau barangnya yang digugat sudah ada. Kalau barangnya yang belum ada, bagaimana bisa menggugat, apakah pakai asumsi?” Kemala mempertanyakan.

Kemala menegaskan kalau gugatan Film Nagabonar Reborn itu prematur. “Semestinya gugatan di merek, bukan di Hak Cipta, “ ungkap Kemala tampak begitu sangat bersemangat.

Adapun, Gusti Randa sebagai produser sekaligus pengacara, memastikan Naga Bonar Reborn mengusung cerita berbeda dengan sebelumnya.  Menurut Gusti, Naga Bonar Reborn sendiri dikemas secara milineal. Sehingga tidak ada sangkutpautnya dengan cerita awal Naga Bonar.

“Konsep kita Naga Bonar untuk milenial bukan Naga Bonar tahun 2019. Bukan Naga Bonar periodik tahun 1930-an, yang main adalah Gading Marten dengan ala Gading Marten tetapi jalan ceritanya bisa dinikamati generasi sekarang,” tegas Gusti Randa.

Terlepas dari itu, Gusti Randa juga sebetulnya sudah mengurus hak cipta dan meminta izin kepada keluarga pengarang Naga Bonar terdahulu. “Ya, yang kedua toh saya berhubungan sama ahli waris, yaitu mbak Muti,” pungkas Gusti Randa.

Kemala Atmojo Sebut Gugatan Film Nagabonar Reborn Itu Prematur 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here