EKSPOSISI – Komisaris dan Founder Crown Group, Iwan Sunito, mengungkapkan kesedihannya terkait meninggalnya salah satu sosok legendaris dunia properti Indonesia, Ir. Ciputra pada dini hari ini. Sebagaimana diketahui, bahwa Ciputra meninggal di Singapura hari Rabu (27/11/2019).

“Sungguh sebuah kesedihan yang mendalam mendengar bahwa Pak Ci telah pergi meninggalkan kita semua”, ungkap Iwan Sunito. “Bagi saya pribadi, Pak Ci bukan saja seorang yang sangat saya kagumi, tapi juga seorang mentor yang luar biasa” jelasnya. “Pertemuan kami terakhir adalah ketika kami sedang mengadakan sesi foto untuk persiapan buku saya”.

“Dan seperti baru kemarin saja rasanya”

“Beliau adalah sosok legendaris dengan banyak legacy yang ditinggalkan”

Ciputra merupakan tokoh property nasional, kontribusinya bagi perkembangan sektor ini sangat nyata. Sejumlah projectnya menjadi ikon dan panutan bagi pengembang generasi selanjutnya. Sebagaimana dikatakan oleh Iwan Sunito “Kontribusi beliau dalam pengembangan kewirausahaan sungguh patut diberi apresiasi setinggi-tingginya”. Menurutnya “Visi seorang Ciputra tak akan lekang ditelan waktu”

“Saya kira, bukan hanya saya dan keluarga besar Ciputra, namun seluruh bangsa Indonesia merasa kehilangan sosok yang humanis dan inspiratif seperti beliau”

Seperti Ciputra, Iwan Sunito juga mengembangkan bisnis properti dengan basis di Australia. Perusahaannya, Crown Group Holdings (Crown Group) adalah perusahaan properti terkemuka Australia yang mengkhususkan diri dalam pengembangan properti, investasi properti dan hotel.

Perusahaan ini didirikan Iwan Sunito dan seorang insinyur, Paul Sathio pada tahun 1996. Semenjak didirikan, nilai proyek yang sedang dikerjakan sudah mencapai Rp. 50 triliun dalam lini usahanya.

Crown Group telah berhasil menyelesaikan pembangunan utama di lokasi terbaik Sydney termasuk Bondi, Bondi Junction, Parramatta, Ashfield, Epping, Homebush, Newington, Pennant Hills dan Rhodes dan terakhir hunian vertikal dengan 28 lantai V by Crown Group di Parramatta.

Saat ini, Crown Group memiliki memiliki portofolio senilai Rp. 50 triliun dalam lini usahanya dan sedang membangun empat proyek besar; Infinity by Crown Group di kawasan Green Square, proyek dengan lima menara hunian Mastery by Crown Group di kawasan Waterloo yang dibangun bersama Mitsubishi Jisho Residence, Waterfall by Crown Group di Waterloo dan Eastlakes Live di kawasan suburban timur Sydney.

Crown Group meluncurkan Skye Hotel Suites pertamanya di Parramatta pada bulan Agustus 2017 dan hotel kedua Skye Suites Sydney pada bulan Oktober 2018.

“Selamat jalan Pak Ci… You’ll be missed” tutup Iwan Sunito. (Foto : Iwan Sunito, Editor : Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here