Eksposisi – Bursa Asia diperdagangkan dalam suasana positif kamis (26/9) ini setelah muncul kabar adanya kemajuan dari perundingan antara Amerika dengan beberapa negara mitra dagangnya.

Kabar pertama datang dari Jepang dimana kedua negara sepakat untuk menghapus beban pajak di sektor pertanian, mesin dan produk-produk digital. Namun belum ada pembahasan terkait produk otomotif. Menariknya, Presiden Trump mengungkapkan bahwa kesepakatan dagang akan diperluas ke sektor-sektor lainnya.

Sejak keluar dari pakta dagang Trans-Pacific Partnership, pemerintah AS berupaya untuk menyeimbangkan kembali neraca perdagangan dengan Jepang yang dinilai tak seimbang. Kecemasan utama Jepang adalah penerapan kenaikan pajak untuk produk-produk otomotifnya yang saat ini nilainya 2,5%.

Menurut Perdana Menteri Shinzo Abe, Trump memberi jaminan bahwa AS tidak akan menaikkan pajak untuk produk otomotif dan suku cadang Jepang.

Kabar kedua tentu saja pernyataan Presiden Trump bahwa kesepakatan dagang dengan China akan tercapai lebih cepat yang memicu keyakinan pasar. Namun bayang-bayang kemelut politik domestik dimana partai Demokrat tengah mencari celah untuk menjatuhkan sang Presiden setelah muncul kabar mengenai percakapan Trump dengan Presiden Ukraina.

Indeks acuan MSCI diperdagangkan menguat 0,3%, Nikkei menguat 0,40% sementara saham-saham unggulan China melonjak 0,20%. Indeks Hang Seng menguat sampai 0,5%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here