Ketidakpastian Kebijakan Dagang Pangkas Output Global

Ketidakpastian kebijakan dagang yang dipicu oleh meningkatnya perselisihan pemerintahan Trump dengan China menjadikan AS kehilangan output hingga ratusan miliar dolar dan sebanyak $ 850 miliar hilang secara global hingga awal tahun depan, menurut penelitian yang diterbitkan pekan ini oleh Federal Reserve.

Peneliti The Fed menganalisis artikel surat kabar dan keputusan pendapatan perusahaan untuk memperkirakan ketidakpastian kebijakan perdagangan, dan menemukan bahwa baru-baru ini “melonjak ke tingkat yang tidak terlihat sejak 1970-an.”

Ekonom lain, terutama profesor Universitas Stanford Nicholas Bloom dan rekan-rekannya, telah mendokumentasikan kenaikan serupa dalam ketidakpastian.

Para peneliti The Fed kemudian memperkirakan dampak yang diberikan dari ketidakpastian tersebut pada kegiatan ekonomi, ketika bisnis kembali ke investasi dan produksi. Mereka menyimpulkan bahwa secara global dan di Amerika Serikat, dampaknya sekitar 1% terhadap PDB.

PDB AS yang diperkirakan sekitar $ 20 triliun, dan PDB dunia sekitar $ 85 triliun, dampak 1% akan membawa hambatan dari ketidakpastian perdagangan sekitar $ 200 miliar ke PDB AS, dan $ 850 miliar ke PDB global, menurut perhitungan Reuters.

Estimasi tersebut, kata para peneliti, tidak pasti.

Tetapi peneliti mencatat karena mereka adalah yang pertama mengukur dampak besar pendekatan Presiden Donald Trump terhadap kesepakatan perdagangan, yang katanya menempatkan ekonomi AS pada posisi yang tidak menguntungkan secara global.

Kebijakan Dagang

Dalam upaya untuk memenangkan persyaratan perdagangan yang lebih baik, pemerintahan Trump telah mendongkrak tarif pada ratusan miliar dolar produk impor China dan memberlakukan atau mengancam untuk mengenakan tarif impor dari mitra dagang lainnya, termasuk Meksiko dan Uni Eropa. China dan negara-negara lain pada gilirannya telah mengancam atau mengenakan tarif mereka sendiri pada produk AS.

Trump telah menyerukan The Fed untuk memangkas suku bunga AS untuk mendukung ekonomi dan mengimbangi dampak perang perdagangan.

Pembuat kebijakan Fed, mengatakan mereka tidak akan membiarkan politik menentukan kebijakan suku bunga. Tetapi mereka secara konsisten menyebut tarif sebagai hal yang merusak pertumbuhan AS. Ketua Fed Jerome Powell bulan lalu mengutip ketidakpastian kebijakan perdagangan sebagai alasan penting untuk perlambatan ekonomi global dan manufaktur AS yang lemah.

Presiden Fed Chicago Charles Evans pada hari Rabu berpendapat bahwa peningkatan ketegangan perdagangan dapat memperlambat potensi pertumbuhan AS menjadi 1,5% per tahun, setengah dari apa yang dikatakan Trump, sebagaimana akan diberikan oleh pemerintahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here