Ketidakpastian Pemilu Sela AS Tak Goyahkan Dollar

127
Banner Top Article

Dolar masih cukup stabil terhadap sejumlah mata uang utama pada sesi Selasa sekalipun pasar berhati-hati jelang pemilu sela AS. Kondisi ini menambah daftar risiko politik yang berpengaruh terhadap kondisi di pasar.

Para pemilih akan menentukan apakah Demokrat akan mengambil alih DPR atau tidak. Dan hasil dari pemilu sela kali ini diperkirakan dapat mempersulit Presiden Donald Trump untuk membuat undang-undang. Partai Republik terlihat masih akan mengendalikan Senat.

Indeks dolar AS terpantau sempat berada di level 96,05, hanya bergerak tipis di kisaran sempit pada perdagangan hari ini.

Indeks yang mencatat perdagangan terhadap mata uang mayoritas itu sempat mencapai level tertingginya dalam kurun waktu 16-bulan di level 96,98 di minggu lalu. Ini didorong oleh ekspektasi Federal Reserve akan terus menaikkan suku bunga tahun ini dan seterusnya karena ekonomi AS tetap kuat.

Pertemuan kebijakan dua hari the Fed akan kembali digelar pada Rabu. Namun, tidak ada ekspektasi pengumuman perubahan apapun atas kebijakan moneter saat ini. Kenaikan suku bunga justru diyakini akan terjadi pada bulan Desember mendatang.

Dolar diperdagangan stabil terhadap yen, dengan USD/JPY terpantau berada pada level 113,27, tidak jauh dari level tertinggi empat minggunya di 113,44 yang dicapai pada sesi kemarin.

Namun dolar melemah terhadap euro, dengan EUR/USD naik 0,15% ke level 1,1423. Mata uang tunggal itu terdongkrak oleh data pesanan pabrik Jerman untuk September yang mencatat kenaikan tak terduga. Sehingga membantu meredakan kekhawatiran investor atas perlambatan ekonomi terbesar di kawasan euro tersebut.

Dolar juga melemah terhadap pound yang naik ke level tertinggi dua pekan terhadap greenback. GBP/USD naik 0,31% ke level 1,3081 atas optimisme prospek kesepakatan Brexit dan indikasi dari Bank of England pekan lalu yang mengindikasikan kemungkinan perlunya menaikkan suku bunga lebih cepat dalam hal kelancaran keluar dari Uni Eropa.

Dolar Australia juga menguat terhadap dolar AS. AUD/USD naik 0,33% ke level 0,7234 setelah Reserve Bank of Australia kembali menahan suku bunga semalam. Sebuah keputusan yang diantisipasi secara luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here