Klaim Tunjangan Pengangguran AS Terus Menurun

213
Banner Top Article

Klaim tunjangan pengangguran AS kembali mencatat penurunan di pekan lalu. Sementara, angka pengangguran AS kembali turun ke level yang terakhir kali terlihat pada 1973 silam. Hasil ini menunjukkan terus mengetatkan kondisi pasar tenaga kerja AS.

Dengan kuatnya pasar tenaga kerja dan meningkatnya ekonomi AS semakin memperkuat langkah Federal Reserve untuk kembali menaikkan suku bunga di Desember ini. Sebelumnya, The fed telah menaikkan suku bunga untuk ketiga kalinya di tahun pada September silam. The fed juga menghilangkan referensi terhadap kebijakan moneter yang masih akomodatif.

Klaim awal tunjangan pengangguan turun sebesar 5,000 pengajuan menjadi 210.000 dalam penyesuaian musiman hingga pekan pada 13 Oktober, data Departemen Tenaga Kerja Kamis menunjukkan. Sementara klaim tunjangan pengangguran sepanjang minggu hingga 15 September turun menjadi 202.000 pengajuan, level terendah sejak Nopember 1969.

Dalam polling yang dilakukan Reuters, para ekonom memperkirakan klaim tunjangan pengangguran turun menjadi 212.000 di pekan lalu. Dalam laporan kali ini, Departemen Tenaga Kerja mengatakan, klaim tunjangan pengangguran untuk negara bagian Karolina Selatan dan Utara masih terpengaruh oleh Badai Florence yang melanda wilayah tersebut pada medio September. Sementara data klaim untuk Florida terimbas oleh badai Michael.

Rata-rata klaim awal dalam empat pekan meningkat 2,000 menjadi 211.750 pengajuan di pekan lalu. Data ini digunakan sebagai parameter tren pasar tenaga kerja yang lebih baik karena menghitung rata-rata volatilitas data dalam tiap pekannya.

Data klaim ini mencakup periode survei untuk komponen laporan pekerjaan payroll non pertanian untuk bulan Oktober. Sementara rata-rata klaim dalam empat pekan diantara periode survei September dan Oktober meningkat 5.750 pengajuan, yang kemungkinan tidak akan mengubah perkiraan kenaikan pertumbuhan kerja di bulan ini pasca badai Florence yang melemahkan data payroll restaurant dan ritel di September.

Dalam laporan klaim ini juga menunjukkan angka tunjangan lanjutan, setelah pengajuan minggu pertama turun 13.000 menjadi 1,64 juta pengajuan saja hiingga 6 Oktober level terendah sejak Agustus 1973. Rata-rata dalam empat pekan yang disebut dengan klaim tunjangan turun 1.250 menjadi 1,65 juta pengajuan, juga yang terendah sejak Agustus 1973.

Sementara indeks survei pekerjaan naik 2 poin menjadi 19,5 di bulan ini dan perusahaan juga melaporkan terjadi peningkatan jam untuk para pekerja. Indeks pekan kerja melonjak menjadi 20,8 dari 14,6 di September.

Risalah pertemuan Fed pada 25-26 September lalu yang diumumkan Rabu kemarin, menunjukkan para pembuat kebijakan secara umum menyetujui bahwa keadaan pasar tenaga kerja terus menunjukkan penguatan.

Namun data klaim tunjangan pengangguran ini tidak terlalu mempengaruhi pasar keuangan AS hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here