Acara halal bihalal tak hanya untuk berkumpul semata-mata tapi juga menjadi bahan renungan bersama dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Apalagi acaranya digelar  setelah Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), dan sebentar lag akan terbentuk pemerintahan dengan kabinet baru. Untuk itu, Kosgoro mengingatkan pemerintah untuk membuat kabinet yang kompak.

 

“Perhelatan Pilpres masih menyisakan persoalan serius, bahkan sempat mencuatkan perpecahan di antara elemen bangsa. Untuk itu diperlukan kesadaran bersama seluruh komponen bangsa untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, “kata Ketua Umum (Ketum) Kosgoro, H Hayono Isman, dalam acara Halal Bi Halal Keluarga Besar Kosgoro dengan tema ‘Pancasila dan Tri Dharma Kosgoro Komitmen Moral Persatuan Bangsa’ di Wisma Mas Isman, Jl. Cik Ditiro No. 34 Menteng, Jakarta Pusat,, Rabu (3/7/2019) malam..

 

Menurut Hayono Isman, wajah demokrasi sekarang sudah sangat buruk di hadapan masyarakat, dimana banyak pimpinan dewan yang terjerat kasus korupsi hingga masuk penjara. Meski wajah demokrasi buruk dan rakyat masih tetap menerima, tapi sebaiknya jangan dibiarkan bertambah buruk. “Maka dari itu, tempatkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas, khususnya pimpinan dewan karena disitulah wajah demokrasi diperhitungkan, “ ucap Hayono Isman mengingatkan.

 

Hayono Isman menegaskan, bahwa Kosgoro mengingatkan pemerintah untuk membuat kabinet yang kompak dengan misi dan visi yang sama antara presiden dengan kabinetnya. “Bosnya adalah presiden, bukan ketua umum partai-partai politik, “ tegasnya.

 

Ditambah lagi, kata Hayono Isman, jangan sia-siakan kepercayaan rakyat pada demokrasi. Sebab kalau kepercayaan rakyat disia-siakan maka dikhawatirkan rakyat akan berhaluan kekiri yakni ke komunis, atau ada yang berhaluan kekanan yakni ke khilafah. “Semuanya sama-sama rugi karena itu jangan sia-siakan kepercayaan rakyat, kita angkat dan pererat rakyat demi kita tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,“ tandasnya.

Kosgoro Ingatkan Pemerintah Buat Kabinet yang Kompak 1

Sementara itu, Hj. Sumarni Padil, selaku Ketua LKK (Lembaga Kesenian & Kebudayaan) Kosgoro yang juga Ketua Panpel Halal Bi Halal Keluarga Besar Kosgoro, mengungkapkan apresiasinya terhadap seluruh pihak yang ikut hadir, baik itu dari tokoh parpol, ormas maupun lembaga kemasyarakatan lainnya. “Terselenggaranya acara ini sebagai wujud kebersamaan kita sesuai dengan Tri Dharma Kosgoro, “ ungkap Hj. Sumarni Padil.

 

Dalam acara Halal Bihalal yang berlangsung meriah, para undangan dan Kelurga Besar Kosgoro menggunakan dress code pakaian adat daerah. Seperti di antaranya Ketua Kebudayaan dan Kesenian Rakyat Erna Santoso yang memakai pakaian adat Riau tampak begitu cantik nan menawan. “Adat dan budaya, wajib dilestarikan, “ tegasnya.

 

Artis senior yang juga Ketum Yayasan Peduli Anak Indonesia itu memang di berbagai kesempatan selalu hadir dengan menggunakan pakaian adat daerah. “Kita memang harus selalu mengangkat pakaian adat daerah untuk menunjukkan bahwa kita memang kaya budaya dan tentu patut kita banggakan, “ pungkas Erna Santoso.

Kosgoro Ingatkan Pemerintah Buat Kabinet yang Kompak 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here