Lira Turki

Lira Turki kembali melemah pada hari Senin (20/8) setelah peringkat kredit negara itu dipangkas lebih jauh ke wilayah junk pada Jumat lalu. Juga menyusul laporan tembakan yang diarahkan ke kedutaan AS di Ankara.

USD/TRY bergerak menguat 1,38% ke 6.10 pada jam 17.25 WIB. Lira telah pulih dari rekor level terendah di kisaran 7.2 per dolar yang dicapai lebih dari seminggu yang lalu. Tetapi secara bulanan nilainya masih turun sekitar 23% hingga saat ini.

Kedua lembaga rating, Standard & Poor’s dan Moody menurunkan rating kredit pemerintah Turki pada hari Jumat di tengah krisis mata uang di negara tersebut.

S&P menyebut “volatilitas lira ekstrim” sementara Moody memperingatkan tentang “melemahnya lembaga publik Turki dan kesulitan prediktabilitas pembuatan kebijakan Turki.”

Pengamat pasar juga memantau perkembangan kondisi pasca tembakan yang diarahkan ke kedutaan AS di ibukota Turki pada hari Senin, walau tidak ada korban.

Hubungan yang memburuk antara AS dan Ankara dan kekhawatiran tentang meningkatnya kontrol kebijakan Presiden Turki Tayyip Erdogan atas kebijakan moneter dan ekonomi telah mendorong lira jatuh lebih dari 40% tahun ini.

Penurunan lira telah mengguncang pasar keuangan di tengah kekhawatiran atas eksposur perusahaan terhadap mata uang dan ekonomi Turki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here