Manufaktur AS Melambat, Pelaku Usaha Masih Optimis

68
Indek Manufaktur Empire State yang diterbitkan oleh Bank Sentral AS wilayah New York menunjukkan adanya perlambatan dalan aktfitas manufacturing. (Lukman Hqeem)
Indek Manufaktur Empire State yang diterbitkan oleh Bank Sentral AS wilayah New York menunjukkan adanya perlambatan dalan aktfitas manufaktur. (Lukman Hqeem)
Banner Top Article

Indeks manufaktur Empire State AS menunjukan perlambatan pada bulan September. Dari 25,60 dibulan Agustus menjadi 19 pada bulan ini. Data ini diterbitkan oleh Bank Sentral AS wilayah New York pada Senin (17/09).

Penurunan yang terjadi jauh lebih besar dari yang diperkirakan para ekonom pada 23.20. Dengan data tersebut, terindikasi bahwa aktivitas bisnis tetap mengalami pertumbuhan secara keseluruhan. Jajak tersebut dilakukan pada sejumlah perusahaan di wilayah New York dibulan September.

Dalam jajak tersebut juga dilaporkan bahwa terjadi pula peningkatan pesanan dan pengiriman baru. Hal ini cukup menggembirakan mengingat persediaan masih tetap bergerak lebih tinggi. Sementara Indikator pasar tenaga kerja menunjukkan peningkatan tingkat pekerjaan dan waktu kerja yang lebih lama.

Indek harga hanya mengalami sedikit perubahan meski tetap tinggi. Hal ini menunjukkan peningkatan signifikan yang sedang berlangsung baik dalam harga input dan harga jual. Kedepannya, sejumlah perusahaan merasa cukup cukup optimis tentang prospek ekonomi AS setidaknya dalam masa enam bulan kedepan. (Lukman Hqeem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here