Menilik Kenaikan Suku Bunga Fed Dan Berakhirnya Kebijakan Akomodatif

88
Federal Reserve Interest Rate
Banner Top Article

Dengan besarnya harapan Federal Reserve menaikkan suku bunga pada hasil pertemuan dua hari nya, saat ini, pasar dihadapkan pada apakah sinyalemen pertumbuhan ekonomi AS yang melesat akan mendorong bank sentral untuk meningkat laju pengetatan kebijakan moneternya.

Pertemuan kebijakan dua hari yg dihelat pekan ini berpeluang menjadi tanda berakhirnya tingkat suku bunga akomodatif yang biasanya digunakan the Fed untuk mendukung ekonomi Amerika sejak dimulainya masa resesi 2007-2009.

Pernyataan kebijakan the Fed saat ini mencakup bahwa penjelasan kebijakan yang longgar sebagai sebuah elemen utama dalam beberapa tahun belakangan ini, meski para pejabat baru-baru ini menggambarkannya ini sudah ketinggalan zaman dan berpeluang akan dihapus, apakah dalam minggu ini atau dalam waktu dekat.

Di sini, probabilitas the Fed menaikkan suku bunga pinjaman ‘overnight’ acuannya sebesar seperempat persentase poin pada Rabu ini, yang akan menjadi kenaikan ketiga di tahun ini, mendekati angka 95 persen, berdasarkan analisis kontrak berjangka dana Fed oleh CME Group.

Pertanyaan yang lebih besar adalah apakah Fed akan merombak poyeksi kebijakan moneternya untuk beberapa tahun ke depan atas faktor pertumbuhan PDB yang lebih kuat atau apakah kekhawatiran tentang kemungkinan perang dagang global atau perlambatan ekonomi menyebabkannya Fed masih dengan pandangannya saat ini.

Saat ini, tingkat Produk Domestik Bruto tahunan AS berada di 4,2 persen di kuartal kedua, berdasarkan data yang dirilis Departemen Perdagangan pada bulan lalu. Laju ekonomi tumbuh di 2,2 persen pada kuartal pertama.

Beberapa analis memperkirakan kemiringan yang lebih agresif, apakah itu muncul dalam pernyataan kebijakan yang akan dirilis pada jam 2 siang waktu setempat, proyeksi tingkat ekonomi dan suku bunga yang menyertainya dari para pembuat kebijakan, atau konferensi pers Ketua Fed Jerome Powell setelah kesimpulan dari pertemuan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here