Minyak Mentah Terseret Data Dan Investasi Venezuela

155
Minyak Mentah
Banner Top Article

Harga minyak mentah turun pada perdagangan sesi Rabu, terseret oleh peningkatakan persediaan dan harapan investasi baru dapat menyelesaikan penurunan produksi di Venezuela.

Minyak mentah acuan Brent turun 20 sen di level $75,75 per barel. Sementara harga minyak mentah light sweet AS turun 10 sen di level $68,43 a barrel.

Persediaan minyak mentah AS mengalami pertumbuhan sebesar 38.000 barel menjadi 405,7 juta barel terhitung hingga tanggal 24 Agustus, data dari American Petroleum Institute (API) yang dirilis kemarin menunjukkan. Sementara itu laporan resmi pemerintah atas persediaan dan produksi minyak mentah AS akan dirilis hari ini melalui Badan Informasi Energi / Energy Information Administration (EIA).

Para pelaku pasar mengatakan laporan investasi di Venezuela di tengah upaya keras dalam produksi, juga mempengaruhi harga minyak di pasar. Ekspor minyak mentah Venezuela terpangkas setengahnya sejak 2016 hingga hanya di bawah 1 juta barel per hari (bph).

Untuk mengatasi penurunan produksi minyak di negara tersebut, perusahaan minyak milik pemerintah Venezuela, PDVSA, kemarin mengatakan telah menandatangani persetujuan investasi senilai $430 juta dalam upaya meningkatkan produksi sebesar 640.000 bph di 14 ladang minyak, meski beberapa analis meragukan apakah investasi tersebut akan mempengaruhi ketidakstabilan negara.

Meskipun ada risiko gangguan, terutama di negara-negara OPEC seperti Venezuela, Iran, Libya dan Nigeria, Bank of America Merrill Lynch mengatakan pasokan global berpeluang meningkat menjelang akhir tahun.

Tunduk pada tekanan dari Washington, banyak negara pembeli minyak mentah telah mengurangi pesanan dari Iran, negara anggota OPEC penghasil minyak terbesar ketiga.

Meskipun iran memberikan diskon besar, ekspor minyak menyak dan kondensat Iran di Agustus diperkirakan hanya sebanyak 2,06 juta bph. Angka ini jauh di bawah puncak nya pada April silam sebesar 3,09 juta bph, data dari Thomson Reuters Eikon menunjukkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here