Nikkei Menguat, Pasar Acuhkan Pelemahan Yen

162
Banner Top Article

Indeks Nikkei Jepang mencatat kenaikan di sesi Jumat sementara pelemahan yen justru menopang sentimen. Saham sektor farmasi pimpin kenaikan indeks Nikkei menyusul laporan Eisai terus mendekati target keuntungan tahunan di tengah tahun.

Indeks saham Nikkei naik 0,4 persen di penutupan sesi tengah hari di level 22.488,68. Untuk perdagangan selama satu pekan ini, indeks acuan Jepang tersebut telah mencatat kenaikan 1 persen. Sementara indeks Topix juga mencatat kenaikan 0,4 persen di hari ini di level 1.704,08.

Smeentara itu, dolar masih bertahan di atas level 111 yen, setelah naik hampir 0,7 persen menyusul risalah pertemuan the Fed yang menunjukkan para pembuat kebijakan masih terus membahas kenaikan suku bunga segera.

Saham Eisai Co naik 1,9 percent, setelah harian bisnis Nikkei melaporkan produsen obat kesehatan tersebut diperkirakan mencatat profit operasional sebesar 102 miliar yen atau setara dengan $923,16 juta di akhir Maret 2020, 1 tahun melampaui keuntungan tengah tahun yang ditargetkan.

Saham farmasi lainnya juga mengikuti. Saham Chugai Pharmaceutical naik 2,9 persen dan Daiichi Sankyo naik 2 persen.

Sektor pertambangan dan minyak juga menarik minat pasar, dngan saham Showa Shell naik 2,6 persen dan Inpex naik 1,2 persen.

Seperti yang sudah diduga sebelumnya, pembicaraan antara AS dan Cina tidak menghasilkan terobosan besar, yang berakhir pada Kamis kemarin. Akibat dari kedua belah pihak masih keras dan justru semakin meningkatkan ketegangan perang dagang, dimana kedua belah pihak masing-masing mengaktifkan tarif lebih atas impor barang.

Saat ini, pasar akan mengalihkan perhatiannya tertuju pada pidato ketua Federal Reserve, Jerome Powell, yang akan berbicara pada pertemuan bangk sentral tahunan di Jackson Hole, Wyoming. Pasar tengah menantikan petunjuk kelanjutan kenaikan suku bunga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here