EKSPOSISI – Hari Rabu (26/02/2020) ada pertunjukan spesial di Erasmus Huis, Pusat Kebudayaan Belanda di Jakarta. Kelompok musik gabungan musisi Indonesia dan Eropa dalam NusantEro Big Band akan tampil untuk umum. Penampilan ini mengawali pertunjukan mereka selanjutnya di ajang Java Jazz Festival.

Mengkomentari pertunjukan ini, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, menuturkan: “Musik terbukti dapat menyatukan banyak orang. Pada kesempatan ini, NusantEro Big Band menyandingkan musisi Indonesia dengan musisi Eropa. Bersama, mereka akan mempersembahkan karya klasik dari berbagai daerah dan negara mereka. Ini suatu perwujudan dari semboyan yang sama antara ‘Bhinneka Tunggal Ika’ dari Indonesia dan ‘United in Diversity’ dari Uni Eropa. Saya sangat senang dengan sumbangsih NusantEro untuk Java Jazz Festival ”.

NusantEro Big Band merupakan kolaborasi 25 musisi jazz ternama dari Indonesia, Belgia, Denmark, Jerman, Hongaria, Italia, Belanda, Polandia, Slovakia, Spanyol, Swedia dan Swiss. NusantEro Big Band dipimpin oleh pengarah musik, pianis dan vokalis jazz ternama Indonesia, Nita Aartsen. Mengusung genre Jazz beraliran fusion, NusantEro akan mempersembahkan aransemen baru lagu-lagu Indonesia dan Eropa terkenal.

Sejumlah lagu dari Indonesia yang akan ditampilkan adalah “Dibawah Sinar Bulan Purnama” karya Maladi, “Als de orchideen bloien” atau kita kenal dengan judul “Bunga Anggrek” dan “Payung Fantasi” karya Ismail Marzuki, “Rame-rame” karya Christ Kayhatu yang terkenal sebagai lagu dansa dari Ambon. “Bengawan Solo” larya Gesang menjadi salah satu lagu yang akan dibawakan pula bersama dengan lagu rakyat Jali-jali.

Sementara karya maestri Eropa, Johann Sebastian Bach  adalah “Minuet in G” dan beberapa karya Maestro lainnya. Seperti dari Charles Trenet, Eric Satie, Ernst Bader & Klaus Gunter Neumann, Jens Winther, Krzysztof Komeda, Nino Rota dan Toots Thielemans, dengan sentuhan nada tradisional Jawa, Bali dan Betawi.

Proyek budaya ini sepenuhnya mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Belgia, Denmark, Jerman, Hongaria, Italia, Belanda, Polandia, Slovakia, Swedia dan Swiss, serta Delegasi Uni Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here