Kita tentu patut bangga. Dunia kesenian Indonesia melahirkan talenta hebat dan berbakat. Delsarono berkarya unik karena ia mampu menyanyi sekaligus melukis terbalik yang jarang dilakukan orang.

Dari kemampuan unik nyanyi dan melukis terbalik ini, Delsarono terobsesi ingin kiprahnya mendunia, bahkan bisa mengharumkan Indonesia.

“Ide nyanyi sambil melukis udah tercetus ketika saya tahu bahwa ternyata saya bisa melukis pada tahun 2004. Terus karena saya penyanyi jadi saya bermimpi suatu saat bisa kolaborasikan dua seni itu dalam penampilan nyanyi saya, “ kata Delsarono Sarono saat dihubungi eksposisi.com, Rabu (27/11/2019).

Seniman cantik kelahiran Klaten 29 Oktober 1966, itu membeberkan pengalamannya menyanyi dan melukis terbalik. “Pertama saya tampil nyanyi sambil melukis di acara Perpisahan Non Gub Sutiyoso, hanya saat itu saya melukisnya belum terbalik. Berjalannya waktu, tahun 2011 ada teman (Mas Teguh) yang ngasih ide agar saya melukisnya terbalik biar unik. Saat itu saya ngga yakin bahwa saya akan bisa lakukannya. Tapi tetap saya coba dan ternyata bisa, “ beber pemilik nama asli Elly Kusumastuti.

Menurut Delsarono, menyanyi dan sekaligus melukis terbalik itu sangat sulit. “Jadi saya harus terpecah pada dua fokus nyanyi ngga boleh lupa lirik dan nglukis terbalik yang harus bisa dapetin katakter wajah yang saya lukis karena harus mirip, “ papar alumni Sekertaris St. Angela Bandung yang hobi masak ini.

Dalam menyanyi dan sekaligus melukis terbalik, kata Delsarono, memang banyak tantangannya. “Pernah liriknya lupa pernah. kalau untuk lukisan terbaliknya selama ini aman semua mirip wajah yang saya lukis, “ terang anak keenam dari tujuh bersaudara.

Putri Sarono Marto Sarjono ini mengaku untuk perform seni itu baru sekitar 20 wajah karena dirinya sempat break bertahun-tahun karena frustasi. “Dan saya baru mulai aktif lagi di seni saya itu Agustus 2019 ini pas HUT RI saya perform di Intermoda BSD City. Itu titik awal saya bangkit lagi. Dan bersyukur sekali  sejak Agustus itu saya rutin dapat job perform, “ tutur Delsarono penuh rasa syukur.

Saat ditanya, apakah ada rencana untuk pameran lukisan? Dengan tenang, Delsarono memberikan jawaban, “Rencana pameran lukisan belum ada karena saya fokus untuk perform nyanyi sambil nglukis cepat terbalik itu. Dan saya memulai karir sebagai penyanyi pelukis terbalik tahun 2011. “

Delsarono memaparkan pengalamannya, pertama perform di Halim Perdana Kusuma, dimana ia  nekad menggelar kanvas dan mini compo untuk nyambut Pak Nazaruddin kasus korupsi yang dijemput dari buronannya. “Terus yang kedua perform di Dahsyat RCTI saat itu nyanyi sambil nglukis terbalik wajah Olga Syahputra yang saat itu masih sehat.  Setrusnya di TV One, Metro TV & ANTV, “ paparnya bangga.

Selain nyanyi dan nglukis, Delsarono mengaku dirinya dulu manager promosi di Selecta Records, Blackboard Records dan manager artis almarhumah Alda Rizma (1996-2000) dan manager artis Inul Daratista (2002-2004). “Dan saya sudah release album rekaman pop tahun 2000 di Warner Music Indonesia dan tahun 2001 release Album Jawa di Universal Music Indonesia. Pernah juga release single lagu Jawa tahun 2012, “ ujarnya.

Obsesi Delsarono adalah ingin bisa tampil di acara-acara kenegaraan dan hasil lukisannya diserahkan kepada negara untuk dilelang dan hasilnya untuk kepentingan negara juga. “Atau untuk acara kenegaraan lain misal ada tamu dari luar negri, saya tampil nyanyi sambil nglukis terbalik tokoh yang hadir tersebut dan hasil lukisan terbaliknya diserahkan kepada tamu negara tersebut sebagai souvernir dari Pemerintah Indonesia, “ katanya. 

Selain itu, lanjut Delsarono, ia ingin bisa tampil di luar negeri mewakili Indonesia dengan seni nyanyi sambil nglukis terbalik. Kenapa saya terobsesi demikian karena sepertinya penyanyi yang tampil sambil melukis terbalik baru ada saya di Indonesia ini dan sepertinya di negara lain pun belum ada yang tampil demikian. Yang saya lihat di YouTube seniman luar negeri tampil hanya melukis terbalik saja tanpa nyanyi, “ tegasnya.

Kami sebagai seniman harus terus mengeksplor dan berinovasi Mas. Jika tidak, saya sendiri merasa ngga akan bisa dapat tempat di hati masyarakat pecinta seni. “Semoga tampilan seni saya nyanyi sambil nglukis terbalik akan bisa mendunia hingga bisa mengharumkan negara kita Indonesia. Amin, “ pungkas Delsarono sumringah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here