Chiki Fawzi Vira Talisa Meda Kawu
Chiki Fawzi, Vira Talisa dan Meda Kawu melantunkan kembali "Panggilan Jiwa". (Foto Chika Fawzi)

EKSPOSISI – Chiki Fawzi, penyanyi-penulis lagu multi talenta yang bisa bernyanyi, bermain gitar, akordeon, piano dan drum serta dikenal juga sebagai illustrator, aktris, TV Host dan pelukis mural. Chiki juga dikenal aktif di berbagai kegiatan sosial terutama di bidang pendidikan. Jadi dalam proyek terbarunya , Chiki mengeluarkan singel berikutnya yang berjudul “Panggilan Jiwa”. Lagu ini ciptaan ayahnya sendiri, legenda hidup musik Indonesia, Ikang Fawzi yang pernah dinyanyikannya bersama seorang legenda musik tanah air lainnya, Chandra Darusman di tahun 1981.

“Panggilan Jiwa” versi Chiki ini diproduseri dan diaransemen ulang oleh Raditya Joko Bramantyo seorang musisI multitalenta dan produser muda berbakat yang juga merupakan bassist dari Vira Talisa. Nuansa city pop 80an masih terasa kental di lagu ini. Selain itu, Chiki pun mengajak dua orang singer/songwriter yang juga merupakan sahabat-sahabat dari Chiki yaitu Vira Talisa dan Meda Kawu untuk ikut menyumbangkan suara emas mereka.

Lagu ini ingin menggambarkan bahwa manusia itu terlahir beragam dan saling berbeda. Berbeda suku bangsa, latar belakang ekonomi, pendidikan, berbeda agama, pilihan politik, berbeda gender, berbeda selera musik, dan banyak lagi perbedaan lainnya. Namun kita justru jangan berfokus terhadap perbedaan yang dapat menimbulkan perpecahan namun justru harus mencari keselarasan di dalam perbedaan tersebut.

Video klip Panggilan Jiwa sendiri telah rampung dikerjakan dan dirilis di kanal youtube Chiki Fawzi mulai hari Senin 6 April 2020 pukul 00.000 WIB. Video yang diproduseri sendiri oleh Chiki dan disutradari oleh Yogie Gandanaya dibuat dengan konsep yang sederhana. Menggambarkan proses rekaman lagu di lokasi studio dan menggabungkannya dengan footage berita-berita yang menggambarkan situasi Indonesia yang meresahkan akibat suhu politik yang memanas dalam kontestasi pemilihan presiden yang lalu.

Selain merilis single tersebut, Chiki, Vira dan Meda berinisiatif untuk melakukan kampanye donasi “Panggilan Jiwa” bekerja sama dengan Kitabisa dan Dompet Dhuafa. Donasi dilakukan lewat tautan https://kitabisa.com/campaign/barenganberibantuan . Hasil donasi akan dikonversikan menjadi Alat Pelindung Diri (APD) dan sembako untuk tenaga medis dan masyarakat yang terdampak wabah Corona, terutama rakyat kecil seperti tukang ojek, supir angkutan, pedagang kaki lima, dll yang tidak mempunyai privilege untuk bekerja dari rumah. Semoga kita semua terpanggil jiwa nya untuk berbuat baik dan menolong sesama di tengah kesusahan ini.

Chiki kepada EKSPOSISI menyampaikan harapannya, bahwa lewat video ini dapat memberikan kesadaran bahwa manusia itu memang terlahir berbeda. Namun justru jangan berfokus terhadap perbedaan yang dapat menimbulkan perpecahan namun justru harus mencari keselarasan di dalam perbedaan tersebut. Perbedaan politik menurut Chiki, jangan menjadi alasan terpecahnya bangsa ini. Kita harus bersatu apalagi di masa sulit sekarang yang mana kita punya mush bersama yaitu pandemi COVID-19, kita harus bahu-membahu dan bersatu antara sesama manusia, sesama bangsa Indonesia untuk menghadapinya, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here